Ingin Bermanfaat Bagi Orang Lain

KAMPANYE : Dr Purwanto ketika kampanye di Lapangan Banyuanyar, Solo, Minggu (24/3).
KAMPANYE : Dr Purwanto ketika kampanye di Lapangan Banyuanyar, Solo, Minggu (24/3).

MENJADI wakil rakyat, bagi Dr Purwanto Yudhonagoro SE MPar CHA adalah jalan untuk bisa berbuat dan bermanfaat bagi orang lain. Karena itulah, Direktur Utama Lorin Group ini kini tengah berjuang untuk mendapatkan satu kursi DPR RI lewat Partai Berkarya, di Daerah Pemilihan (Dapil) V Jateng, meliputi Solo, Sukoharjo, Boyolali, dan Klaten. ”Saya maju sebagai caleg itu didasari satu niat saja.

Di sisa hidup, saya harus bermanfaat bagi orang lain. Tidak ada keinginan apapun. Hanya ingin di sisa hidup ini, bisa berpikir dan berbuat untuk orang banyak. Bermanfaat bagi bangsa dan negara,” tuturnya.

Apalagi, suami dari Retno Saroh ini, kini menyandang gelar doktor, setelah menyelesaikan studi S3-nya di Program Studi Penyuluhan Pembangunan/Pemberdayaan Masyarakat Universitas Sebelas Maret (UNS). Gelar doktor yang disandang, harus dipertanggungjawabkan dengan berbuat terbaik, untuk masa depan bangsa dan negara.

”Demi anak cucu,” tandasnya. Pemegang jabatan Wakil Bendahara Umum DPP Partai Berkarya ini mengatakan, telah menuangkan ide dan gagasannya jika terpilih sebagai legislator, dalam sejumlah poin visi dan misi. ”Saya ingin menjadi anggota DPR RI yang amanah dan memberi kontribusi positif bagi bangsa dan negara. Itu visi saya yang utama.

Kenapa amanah? Karena sudah jamak diketahui, banyak legislator setelah terpilih, tidak amanah dan menimbulkan masalah. Amanah itu juga bisa diartikan, ketika nanti menjadi wakil rakyat, pantang untuk melakukan korupsi,” jelasnya. Visinya yang kedua, Purwanto ingin menjadi role model dalam proses demokratisasi yang meminimalisasi politik uang.

Dia ingin memberikan pendidikan politik yang baik pada masyarakat, dengan tidak membeli suara rakyat. ”Saya sampaikan ke calon pemilih, yang sudah duduk di kursi legislatif banyak, tapi yang bermasalah tidak sedikit. Yang duduk banyak, tapi yang tidak berbuat juga tidak sedikit.

Makanya, ini alternatif. Silakan kalau mau dipilih. Komitmen saya, tidak akan menggunakan politik uang. Saya tidak akan membeli suara,” tegasnya. Sedangkan untuk misi yang akan diembannya, dia jabarkan dalam empat poin. Yakni aktualisasi idealisme, intelektualitas, dan integritas pribadi melalui kegiatan politik yang santun dan beretika.

Aspirasi

Kemudian mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat demi Indonesia yang lebih baik, memberikan solusi berkesinambungan bagi permasalahan bangsa dan negara, serta menjalankan amanah sesuai garis-garis besar haluan Partai Berkarya.

”Kalau bagi sebagian orang politik itu kotor, bagi saya tidak. Politik itu mulia. Tinggal siapa yang menjalankannya. Kalau mungkin ada yang menghalalkan segala cara, saya tidak mau.

Kalaupun menang, harus dengan jalan ksatria. Tidak menjelekkan kontestan lain. Berpolitik yang santun dan beretika,” ujarnya. Karena itulah, program-program yang akan digarapnya jika menjadi legislator bukan, bukan program yang muluk-muluk. Namun realistis, sesuai dengan kondisi yang ada. ”Patokannya empat.

Program itu measurable atau terukur, reasonable (ada alasan), achievable (bisa dicapai) dan accountable (bisa dipertanggungjawabkan). Tidak ngoyoworo,” imbuhnya. (advetorial)


Berita Terkait
Baca Juga
Loading...
Komentar