Ayub Amali Jabat Kepala BPK Jateng

SEMARANG - Ayub Amali menjabat sebagai Kepala Perwakilan (Kalan) BPK Provinsi Jateng yang baru. Ia menggantikan Hery Subowo, yang sejak Februari 2019 lalu mendapat tugas baru sebagai Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksaan Keuangan Negara (Badiklat PKN) BPK RI di Jakarta.

Sebelum ini, Ayub merupakan Kepala Auditorat Utama Keuangan Negara V.ABPK. Ia juga pernah menjabat sebagai Kepala Subauditorat di BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Utara dan BPK Perwakilan Provinsi Lampung. Serah terima jabatan (sertijab) dilakukan di kantor Perwakilan BPK Provinsi Jateng, Jumat (15/3).

Sertijab dihadiri anggota V BPK RI Isma Yatun, Gubernur Ganjar Pranowo, Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi, dan jajaran Forkopimda Jateng. Isma Yatun menjelaskan, promosi dan mutasi bertujuan agar pengembangan dan dinamisasi organisasi tetap berlangsung dengan baik. “Nantinya, diharapkan terdapat peningkatan kinerja lembaga, tentu saja dengan tetap berlandaskan nilai-nilai dasar BPK, yakni integritas, independensi, dan profesionalisme,” katanya.

Menyinggung pengelolaan keuangan daerah di Jateng, Isma menyampaikan bahwa dalam beberapa tahun ini tampak upaya untuk meningkatkan kualitas oleh pemda-pemda. Salah satu indikasinya adalah opini BPK atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) yang terus membaik dari tahun ke tahun. “Berdasarkan laporan hasil pemeriksaan BPK atas laporan keuangan pemerintah daerah di Jateng pada tahun anggaran 2017, dari 36 LKPD, 32 LKPD telah mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian, sedangkan 4 LKPD mendapatkan opini Wajar Dengan Pengecualian,” jelasnya.

Gubernur Ganjar Pranowo menyampaikan bahwa setiap komponen pengelolaan keuangan negara harus terus berbenah untuk perbaikan pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan negara. “Opini Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP saja tidak cukup. Setiap pengelola keuangan daerah harus berupaya mencapai WTPyang berkualitas,” kata Ganjar. (H81-19)


Berita Terkait
Loading...
Komentar