FIGUR

Ikuti Perkembangan Seni

SM/Wisnu Kisawa
SM/Wisnu Kisawa

DALAM dunia pendidikan di Kota Solo, nama perempuan ini sudah tidak asing lagi. Bukan hanya karena kapasitasnya sebagai seorang guru, tapi juga karena sepak terjangnya yang serasa ada di manamana. Dialah Maya Heni Kuswardani. ”Saya mulai mengajar sejak April tahun 2001. Dan diangkat menjadi ASN tahun 2014,” ujar guru

Sekolah Dasar (SD) Negeri Sumber 4, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta tersebut. Menariknya, di sekolah dasar itu Maya tidak hanya mengajar menjadi guru kelas. Namun sekaligus juga menjadi guru tari. Hingga tentu waktunya juga akan semakin banyak tercurah di sekolah. ”Lumayan padat memang jadwal saya di sekolah, tapi tetap menyenangkan bagi saya. Apalagi ini berhubungan dengan pendidikan untuk anak-anak sekolah dasar,” tutur alumnus Jurusan Tari ISI Surakarta yang kini sedang merampungkan studi sarjana pendidikan itu.

Tetap Aktif

Namun meski waktunya sudah tersita banyak di sekolah, Maya ternyata juga tetap aktiv di luar sekolah. Baik itu di beberapa organisasi atau pun juga aktif dalam berbagai kegiatan seni dan budaya. ”Untuk organisasi saya bergabung di Paguyuban Guru Tari (Pagutri) dan Paguyuban Dwija Seni Tari (PDST) Surakarta,” terang Ketua PDST Surarta dan Sekretaris Pagutri Surakarta tersebut.

Menurut dia, aktif dalam berbagai kegiatan di luar sekolah memiliki banyak manfaat. Selain sebagai ajang silaturahmi, sekaligus juga bisa menjadi sarana untuk mencari ilmu. Utamanya mencari ilmu untuk mengajar. ”Dengan berkumpul bersama dengan temanteman guru, kita bisa saling tukar pikiran pengalaman mengajar. Dari sanalah saya sering mendapat banyak manfaat tentang cara mengajar yang efektif,” katanya.

Sementara untuk berbagai kegiatan seni dan budaya dia maksudnya sebagai sarana untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Karena betapa pun sebagai pengajar seni dia juga harus terus mengikuti perkembangan dunia seni khususnya di Kota Solo. ”Dalam dalam perayaan Hari Tari Dunia (HTD) 29 April nanti saat saya juga dipercaya menjadi koordinator untuk kalangan SD. Senang rasanya karena dengan demikian saya bisa menjadi bagian dari peristiwa seni yang ada di Kota Solo,” tandasnya.(Wisnu Kisawa-21)


Berita Terkait
Loading...
Komentar