Jumatan

Sesama Muslim Harus Saling Memberi Manfaat

SM/M Ilham Baktora : PAPARKAN MATERI : Penceramah memaparkan materi tentang haji dan umrah kepada jamaah pada pelatihan manasik haji yang diselenggarakan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Ranting Gilingan di Graha Pertiwi, Rejosari, RW XIII, Gilingan, Banjarsari, baru-baru ini. (51)
SM/M Ilham Baktora : PAPARKAN MATERI : Penceramah memaparkan materi tentang haji dan umrah kepada jamaah pada pelatihan manasik haji yang diselenggarakan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Ranting Gilingan di Graha Pertiwi, Rejosari, RW XIII, Gilingan, Banjarsari, baru-baru ini. (51)

MENYIAPKAN segala sesuatu dengan matang merupakan hal penting yang dilakukan seluruh insan manusia. Tak terkecuali bagi seorang muslim. Melangkah dan mengerjakan sesuatu hingga melaksanakan ibadah harus diawali niat serta kesiapan mental, fisik maupun material. Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Ranting Gilingan, Banjarsari, Solo, mengajak seluruh warga yang tinggal di sekitar wilayah Banjarsari mempersiapkan diri dalam melaksanakan Rukun Islam kelima, yaitu menunaikan haji.

Selain niat, ilmu manasik haji penting dilakukan sebelum warga berangkat ke Tanah Suci. ”Kegiatan manasik haji dan umrah ini program rutin yang kami lakukan tiap satu tahun sekali. Kami menilai pelatihan perlu dilakukan karena ibadah yang dilakukan saat berada di Tanah Suci cukup padat dan banyak, sehingga warga harus memahami dengan baik sebelum ibadah haji tersebut dilakukan,” ujar Ketua Panitia Penyelenggara Pelatihan Manasik Haji dan Umrah, Sarafuddin, saat ditemui pada kegiatan manasik haji, baru-baru ini.

Menurutnya, kesiapan jamaah tidak hanya soal material, namun ilmu serta alur dalam melaksanakan ibadah haji dan umrah harus dikuasai, sehingga ibadah yang mereka lakukan lebih khusyuk dan diridhoi Allah.

Nilai Positif

”IPHI Ranting Gilingan berupaya untuk memberi ilmu serta terus menyebar dakwah di tengah masyarakat. Harapannya kegiatan ini menjadi amal dan pahala bagi anggota serta pengurus untuk bersamasama berdakwah di jalan Allah,” kata dia.

Ketua IPHI Ranting Gilingan Muhammad Faqih Donosuko menerangkan, seorang muslim yang telah melaksanakan ibadah haji harus bisa mempertahankan kemambrurannya. Hasil dari ibadah di Tanah Suci itu mampu disebar dan memberikan nilai positif di tengah masyarakat. ”Persaudaraan ini tak hanya sebatas perkumpulan haji, namun kami berusaha memberikan manfaat dengan hasil ibadah yang telah kami lakukan sebelumnya, sehingga setelah pengurus melaksanakan haji, apa yang mereka dapatkan di Tanah Suci dapat dibagikan kepada warga sekitar,” kata Faqih.

Selain kegiatan manasik haji dan umrah, IPHI Ranting Gilingan kerap melakukan kegiatan kajian rutin di masjid-masjid sekitar Kelurahan Gilingan. Keberadaan perkumpulan muslim tersebut berusaha memberikan contoh serta mengajak masyarakat bersama-sama beribadah di jalan Allah. ”Kami berupaya menebar dakwah walau dengan kegiatan kecil, intinya sesama muslim harus memberikan manfaat yang baik.

Selain itu, kegiatan yang dilakukan hanya berharap ridho Allah semata, sehingga kegiatan serta dakwah yang kami laksanakan mendapat pahala, begitu juga warga yang berada di sekitar tempat tinggal kami,” kata dia. (Muhammad Ilham Baktora-51)


Berita Terkait
Loading...
Komentar