Nyonya Tua Incar Gol Tandang

TURIN - Juventus mengincar gol tandang saat menghadapi Atletico Madrid pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Wanda Metropolitano, Kamis (21/2) dini hari WIB. Gol tandang itu diyakini bisa memperbesar peluang lolos ke babak berikutnya. Laga lawan Atletico nanti bakal jadi ujian berat bagi Si Nyonya Tua.

Pasalnya, Los Rojiblancos selalu sukses mencapai babak perempat final Liga Champions dalam empat musim terakhir. Permainan tim asuhan Diego Simeone yang agresif dan mengandalkan fisik tersebut sering menyulitkan tim-tim lawan.

Apalagi Antoine Griezmann dan kolega bertanding di hadapan pendukungnya. Motivasi mereka bakal berlipat ganda di pertandingan antarklub elite Eropa ini. Karena itu, penting bagi pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, untuk mencuri gol tandang di Wanda Metropolitano. ’’Atletico memainkan sepak bola yang sangat agresif saat bermain di kandang. Ini adalah tim yang meraih hasil luar biasa di tahun-tahun sebelumnya di Eropa,’’ujar Allegri. ’’Ini pertandingan terbuka, kami memiliki banyak kesempatan untuk lolos seperti mereka. Hal pertama yang harus kami lakukan adalah mencetak gol di Madrid. Mencetak gol di Madrid akan menentukan untuk kelolosan kami,’’ sambungnya.

Juventus sudah dua kali berhadap-hadapan dengan Atletico, yakni pada fase grup Liga Champions 2014. Dalam dua laga itu, Si Nyonya tua tidak bisa mengalahkan Los Rojiblancos. Di pertemuan pertama mereka kalah 1-0 di kandang Atletico, dan pertemuan kedua di Turin mereka bermain seri 0-0. Rekor laga kandang Atletico di Liga Champions musim ini juga mentereng.

Dalam tiga pertandingan di Wanda Metropolitano, mereka selalu menang. Tak heran, Bek Juventus, Mattia De Sciglio, menilai Atletico merupakan salah satu tim yang paling sulit dihadapi. Mereka punya pertahanan yang solid dan serangan balik yang mematikan. ’’Kami harus bisa mengendalikan bola dengan baik dan bermain sabar. Karena mereka biasanya bertahan solid dan melancarkan serangan balik,’’ tutur De Sciglio. ’’Partai ini akan ditentukan setelah 180 menit. Kami juga harus mempertimbangkan itu. Strategi dan mentalitas akan sangat penting,’’imbuhnya.

Untuk menghadapi laga sulit tersebut, kabarnya pelatih Massimiliano Allegri sudah menyiapkan taktik dan strategi berbeda. Joao Cancelo yang sejatinya berperan sebagai bek sayap akan ditempatkan sebagai salah satu dari tiga penyerang bersama Cristiano Ronaldo dan Mario Mandzukic.

Pemindahan posisi Cancelo bertujuan untuk mengakomodir kemampuan menyerangnya yang apik sekaligus bisa bertahan sewaktu-waktu. Untungnya, peran sebagai penyerang sudah pernah dilakoni pemain 24 tahun itu selama masih membela Valencia dulu. Jika benar adanya pergantian posisi itu, maka kemungkinan besar Paulo Dybala dan Federico Bernardeschi akan memulai pertandingan dari bangku cadangan. Padahal, Dybala belum lama ini berhasil membuka keran golnya. Meski punya penyerang yang tajam, Juve memang wajib mewaspadai tuan rumah.

Rekor Atletico dalam partai knockout dua leg melawan tim-tim Italia adalah menang empat kali dan kalah empat kali. Terakhir, Los Rojiblancos mengalahkan AC Milan dengan agregat 5-1 (1-0 tandang, 4-1 kandang) di babak 16 besar Liga Champions 2014/2015. Selain itu, Atletico tak terkalahkan dalam 12 laga kandang terakhir di fase knockout Liga Champions, menang tujuh kali dan seri lima kali, sejak ditekuk Ajax 2-3 (agregat 3-4) di leg kedua babak perempat final musim 1996/1997. (rtr, H13-47)


Berita Terkait
Loading...
Komentar