Surat Suara Pilpres Mulai Dilipat

SOLO - Sebanyak 430.439 surat suara Pilpres 2019, mulai disortir dan dilipat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surakarta. Penyortiran serta pelipatan dijadwalkan selesai hingga Minggu (24/2). ”Penyortiran dilakukan untuk memastikan surat suara yang diterima KPU Surakarta, dalam kondisi baik. Kerusakan seperti, robek, gambar tidak jelas, ada coretan serta surat suara tercoblos nantinya kami kumpulkan dan kami laporkan ke KPU RI untuk penggantiannya,” ujar Ketua KPU Surakarta, Nurul Sutarti, Selasa (19/2).

Nurul menerangkan pihaknya menerjunkan 16 petugas untuk menyortiran. Petugas sortir di antaranya mahasiswa dan petugas KPU Surakarta yang telah ditunjuk. ”Pelipatan dan sortir kali ini melibatkan sedikit masyarakat yaitu dari kalangan mahasiswa.

Sesuai ketentuan dari KPU Provinsi, sortir dan pelipatan bisa dikelola masyarakat, pelajar, mahasiswa, masyarakat sekitar, PPK dan PPS. Karena surat suara yang datang adalah Pilpres, kami melibatkan mahasiswa terlebih dahulu dibantu petugas KP,” ujar Nurul. Nurul menyatakan, pemilihan petugas pelipatan sudah sesuai kriteria, mereka wajib menyertakan, tanda pengenal dan dipilih sesuai aturan yang ada. Selain itu petugas juga diarahkan untuk mematuhi aturan saat menyortir dan melipat surat suara yang ada.

Sesuai Aturan

”Kami memilih petugas tambahan dari luar sesuai aturan yang ada seperti, batas usia minimal 17 tahun, menunjukkan KTP dan lainnya. Mereka juga dilarang mengambil gambar, membawa makanan dan minuman agar tidak mengotori surat suara yang dilipat,” ungkap dia.

Pihaknya menjelaskan, kedatangan empat jenis surat suara yang belum datang nantinya bakal melibatkan masyarakat sekitar untuk melaksanakan sortir dan pelipatan.

Ditanyai terkait kedatangan sisa surat suara yang belum diterima KPU setempat, Nurul belum dapat memastikan penerimaan surat suara tersebut. ”Kedatangan surat suara DPD, DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota belum bisa dipastikan kedatangannya. Kami masih menunggu koordinasi dari KPU RI. Yang jelas batas akhir pelipatan surat suara hingga 30 Maret 2019, sehingga pengiriman sisa surat suara dilakukan sebelum batas akhir waktu yang ditetapkan,” ujar dia.

Sembari melipat surat suara, KPU juga menyelesaikan perakitan kotak suara yang dimulai sejak Jumat (15/2) lalu. Hingga saat ini lebih kurang 3.452 kotak suara telah selesai dirakit.

”Data dari petugas perakitan hingga Senin (18/2), kotak suara yang telah dirakit 3.452 buah dari total 8.715 buah. Perakitan terus kami kebut hingga Jumat (22/2). Kerusakan juga sudah kami sortir, dan saat ini terdapat 75 kotak suara yang rusak akibat rusak karena pengiriman,” jelas Nurul. (ihm-21)


Berita Terkait
Loading...
Komentar