Mahasiswa UTM Ikuti PPL di UMP

PURWOKERTO - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melalui Kantor Urusan Internasional (KUI) kembali menggandeng Universiti Tecnologi Malaysia (UTM) untuk program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Internasional.

Saat ini ada tujuh mahasiswa UTM tengah mengikuti program PPL Internasional UMP yang ditempatkan di tiga sekolah, yakni SMA 1 Muhammadiyah Purwokerto, SMA N 3 Purwokerto, dan SMP 1 Muhammadiyah Purwokerto.

Kepala SMA 1 Muhammadiyah Purwokerto Drs Supriyadi MM merasa bersyukur karena arena sekolahnya menjadi salah satu sekolah pilihan yang ditunjuk oleh UMP untuk menjadi tempat pelaksanaan PPL Internasional.

ìIni bisa menambah kepercayaan diri seluruh elemen sekolah dalam upaya meningkatkan kualitas sekolah,î katanya, kemarin.

Kepala SMP 1 Muhammadiyah Purwokerto, Siti Ngatiatun SPd menuturkan, dijadikan lokasi kegiatan PPL Internasional UMPini, banyak manfaat yang bisa diraih.

Dia berharap mahasiswa UTM betah menyelesaikan program tersebut. "Semoga mereka betah di sekolah kami dan dapat berbagi ilmu dengan seluruh elemen sekolah,î katanya terpisah.

Belajar Budaya

Perwakilan dosen UTM, Prof Dr Mahani Binti Mokhtar mengatakan, mahasiswanya yang mengikuti program tersebut diharapkan dapat belajar banyak tentang sistem pendidikan di Indonesia, belajar juga dengan budaya Indonesia sekaligus belajar cara kerja guru-guru di Indonesia untuk mempelajari proses pembelajaran.

ìSemoga dengan pengalaman itu mereka akan membawa pulang ilmu-lmu yang telah didapatkan ke Malaysia dan dapat dibagikan kepada teman-temannya yang belum berkesempatan ikut, dan ilmu yang diperoleh dapat menjadi bekal untuk menjadi guru yang lebih baik,î katanya.

Sementara itu, Koordinator Program Internasional Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Lutfi Istikharoh MPd mengatakan, PPL ini dilaksanakan mulai tanggal 11 Februari sampai 8 Maret.

Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan FKIP, Arifin Suryo Nugroho MPd mengatakan, adanya PPL Internasional ini dapat memperkuat kerja sama antara UMPdan sekolah-sekolah yang ditunjuk. (G22-34)