Manfaatkan SDM yang Ada

SM/Ryan Rachman
SM/Ryan Rachman

MASYARAKAT didorong bisa mengubah pola pikir tentang sampah dari barang yang tidak bermanfaat menjadi sumber daya yang bernilai guna. Tentunya hal itu harus dikelola secara profesional.

”Sebenarnya tidak perlu peralatan yang modern, tapi apa yang ada bisa dibuat. Yang kompos bisa dibuat, yang di daur ulang bisa dibuat,” kata Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Purbalingga, Bambang Irawan, Selasa (19/2). Oleh karena itu, DPRD mendukung sepenuhnya program dari masyarakat dengan adanya bank sampah di daerah-daerah.

Penanganan sampah jangan sampai hanya terpusat di TPA saja. Sebab, jika hanya ditangani TPA saja, maka akan terjadi Banjaran jilid dua alias gejolak masyarakat terhadap keberadaan TPABanjaran beberapa waktu lalu.

”Karena itu, kami berharap pegiat-pegiat lingkungan bisa memanfaatkan sumber daya yang ada. Pemkab memfasilitasi mendatangkan pengelola yang sudah profesional untuk menularkan ilmunya,” katanya.

BI juga berharap, nantinya ada intervensi dari pemerintah ke desa-desa yang belum memiliki bank sampah untuk menggerakkan secara masif mendirikan bank sampah. Bentuknya bisa surat edaran atau bahkan mengeluarkan perbup. Sehingga keberadaan bank sampah di Purbalingga semakin banyak dan permasalahan sampah bisa diminimalisir. (Ryan Rachman-20)


Baca Juga
Loading...
Komentar