Bupati Kendal Mirna Annisa

Udang Saus Telur untuk Keluarga

SM/Rosyid Ridho - UDANG SAUS TELUR : Mirna Annisa sedang memasak udang saus telur disela-sela kesibukannya sebagai Bupati Kendal. (53)
SM/Rosyid Ridho - UDANG SAUS TELUR : Mirna Annisa sedang memasak udang saus telur disela-sela kesibukannya sebagai Bupati Kendal. (53)

DI tengah kesibukannya menjadi Bupati Kendal, Mirna Annisa tidak melupakan kodratnya sebagai seorang perempuan, yakni melayani dan merawat suami dan anak-anaknya. Orang nomor satu di lingkungan Pemkab Kendal itu, berusaha memberikan yang terbaik untuk keluarga, termasuk dalam hal makanan.

Sebisa mungkin, istri dari AKBPFerry Sandi Sitepu tersebut memasak untuk sang suami dan kedua anaknya. Dengan masak sendiri, lebih mengetahui tingkat higienisnya bila dibandingkan membeli di warung maupun rumah makan. Makanan yang kerap ia masak yakni udang saus telur.

Dipilihnya hewan dengan nama Caridea itu, karena merupakan kegemaran suami dan anak-anaknya. Udang yang dimasak yakni udang vaname atau Litopenaeus vannamei hasil laut di Kendal.

”Saya beli udang di daerah Kecamatan Rowosari. Ini merupakan hasil laut di Kendal,” tutur ibu dari Kee Abyansyah Sitepu dan Calanta Rafanda Sitepu. Bumbu yang digunakan untuk membuat masakan itu pun mudah didapat seperti bawang bombai, bawang merah, bawang putih, merica, dan telur. Bahan-bahan tersebut ditumbuk hingga halus dan digongso di penggorengan.

”Setelah tercium bau wangi masakan, udang yang sudah dibersihkan, dimasukkan sembari diaduk-aduk beberapa menit sampai terlihat matang,” tambahnya. Setelah itu udang diangkat dari penggorengan dan dilanjutkan membuat saus telur. Telur yang sudah diaduk dimasukkan ke dalam penggorengan yang masih bercampur dengan bumbu sebelumnya.

Penggunaan telur agar saus lebih kental. Telur lalu diaduk-aduk di penggorengan sekitar lima menit. Setelah itu udang yang sudah dimasak kembali dimasukkan ke dalam penggorengan dan kembali diadukaduk. Setelah matang udang saus telur bisa disajikan.

Butuh Waktu

”Saya pilih udang saus telur, karena memasaknya tidak membutuhkan waktu lama, kurang dari satu jam. Sebab kesibukan sebagai kepala daerah sangat padat, sehingga harus bisa membagi waktu antara pekerjaan dengan keluarga,” terang perempuan lahir 38 tahun silam di Jawa Timur itu.

Menurutnya, di dalam udang banyak manfaatnya. Salah satu manfaat makan udang adalah kandungan proteinnya yang termasuk rendah lemak.

Di dalam udang juga tersaji kandungan kalsium, potassium, dan fosfor yang merupakan sumber vitamin Adan E yang baik untuk tubuh. Lemak pada udang merupakan sumber lemak tak jenuh yang bagus untuk tubuh. Lemak tak jenuh bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah.

Sama halnya dengan ikan, udang pun merupakan sumber makanan laut yang mengandung asam lemak omega 3. Lemak omega 3 dapat mengurangi peradangan dan risiko penyakit jantung.

”Selain udang keluarga juga gemar makanan laut seperti kerang, ikan, dan lain sebagainya. Masakan dari hewan laut hampir semuanya disukai suami dan anak-anak,” tuturnya. (Rosyid Ridho-53)


Berita Terkait
Baca Juga
Tirto.ID
Loading...
Komentar