Tumbuhkan Minat Baca Sejak Dini ke Perpustakaan

Kunjungan PAUD Taman Belia Candi

SEMARANG- Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang, menerima kunjungan 59 anak PAUD Taman Belia Candi, Semarang. Mereka didampingi guru dan orang tuanya di gedung Thomas Aquinas lantai 1 kampus perguruan tinggi tersebut.

Kunjungan itu dilakukan PAUD, dalam rangka Gerakan Nasional Orang Tua Membaca Buku (Gernasbaku). Kepala Perpustakaan Unika Soegijapranata, Rikarda Ratih Saptaastuti, mengaku terkesan dengan kunjungan ini karena baru pertama kali dikunjungi PAUD. ''Gerakan literasi ini baik untuk mendekatkan anak-anak dengan kebiasaan membaca buku dan meningkatkan minat baca. Kegiatan itu sejalan dengan tujuan perpustakaan, yakni menumbuhkan minat baca anak sejak dini sehingga memberi dampak positif saat dewasa nantinya,'' tandas Ratih, dalam siaran persnya ke Suara Merdeka, kemarin.

Kunjungan juga merupakan salah satu pengabdian dari perpustakaan Unika Soegijapranata. Selama kunjungan itu, baik anak maupun orang tua, bebas memilih buku untuk dibaca. Mulai cerpen, ensiklopedia, hingga ilmu pengetahuan untuk dibaca. Di sisi lain, Kepala PAUD Taman Belia Candi Semarang Wiwik Chitra Pratiwi SPd, mengatakan Gernas Baku ini sesuai ajuran dan program pemerintah untuk mendorong inisiatif dan peran keluarga Indonesia dalam meningkatkan minat baca anak.

Khususnya melalui pembiasaan di rumah, di lembaga PAUD, dan masyarakat. Anak PAUD Taman Belia Candi yang berusia dua hingga enam tahun diajak berkunjung ke perpustakaan Unika Soegijapranata, ini puncak tema dari seluruh kegiatan Gernas Baku. ''Anak-anak kami ajak melihat secara langsung ada banyak sumber yang bisa dipakai untuk menggali informasi. Jadi, tidak hanya handphone, internet, dan buku-buku di rumah," tutur Chitra.

Sebagaimana diketahui, PAUD Taman Belia Candi ini salah satu penerima Apresiasi Gernas BAKU tahun 2018 tingkat nasional. (J17-42)


Berita Terkait
Baca Juga
Loading...
Komentar