Finalisasi Soal Debat Kedua Pilpres H-1

JAKARTA - Koordinator panelis debat kedua pilpres 2019, Sudharto Prawoto Hadi mengatakan, finalisasi soal debat akan dilakukan pada H-1 atau pada 16 Februari mendatang.

Hal itu dilakukan mengingat ketujuh panelis belum menyelesaikan penyusunan soal. ”Kami sudah menyusun rancangan soal dan masih terus berlanjut. Rencananya kami akan bertemu lagi pada Jumat (15/2) dan Sabtu (16 /2) untuk finalisasi.

Setelah itu, kami serahkan ke moderator disaksikan oleh KPU,” kata Sudharto, Selasa (12/2). Dijelaskannya lebih lanjut, rancangan soal debat yang telah disusun tim panelis merupakan hasil masukan masyarakat sipil, analisis media dan tim panelis atas tema-tema debat sesuai dengan kapakarannya masingmasing.

Namun, tim panelis sejauh ini belum menentukan jumlah total pertanyaan untuk debat karena masih melakukan inventarisasi dan menentukan prioritas isu-isu yang akan ditanyakan.

Selain itu, panelis juga sedang melakukan inventarisasi sejumlah video yang akan ditayangkan di segmen keempat debat nanti. ”Kami masih menginventarisasi apa-apa yang mau ditayangkan. Kemudian pada Jumat- Sabtu kami matangkan,” imbuhnya.

Dirinya optimistis, seluruh soal nantinya bisa merinci visi, misi, dan program masing-masing capres untuk Indonesia ke depan. Salah satu yang diharapkan panelis dan KPU, kedua capres bisa memaparkan tentang pengolahan energi di Indonesia sehingga bisa membawa kesejahteraan kepada masyarakat.

”Debat itu bagian dari kampanye. Artinya, para capres itu diharapkan mampu memetakan masalah dari lima debat itu, mana konsepnya. Kalau bagi petahana tentu apa saja yang sudah dicapai, apa yang akan dilakukan dan bagi Prabowo strategi kebijakan apa yang akan ditempuh,” terangnya.

Terpisah, komisioner KPU Ilham Saputra menyatakan, meskipun hanya melibatkan kedua capres, tetapi KPU tetap mengundang dan mengarapkan kehadiran kedua cawapres dalam debat kedua pilpres, Minggu (17/2). Selain kedua cawapres, KPU juga akan mengundang elite partai politik, para mantan pejabat negara, serta sejumlah pihak yang terkait dengan tema debat kedua.

”Tidak mungkin kemudian orangnya yang kita undang itu-itu saja. Tentu saja by issues. Misalnya kemarin, tema hukum kita undang orang hukum, besok soal energi, pangan, infrastruktur, tentu saja kita akan undang orang-orang yang berkaitan dengan isu tersebut,” kata Ilham. (J22-64)


Berita Terkait
Baca Juga
Loading...
Komentar