Ahok Bebas Hari Ini

Pendukung Nyalakan Lilin

JAKARTA - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly mengatakan terpidana kasus penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan bebas dan keluar dari rumah tahanan (rutan) di Markas Korps Brigade Mobil (Mako Brimob) pada Kamis (24/1) ini saat jam kerja. Namun, dirinya menolak membeberkan waktu Ahok keluar tersebut secara pasti. Dirinya hanya mempersilakan wartawan untuk menunggu di Mako Brimob untuk mengetahui secara pasti. ”Jam kerja, ya tunggu-tunggu saja kalau mau lihat,” kata Yasonna saat ditemui di kantornya, kemarin.

Meski keluar dari rutan Mako Brimob, lanjutnya, proses administrasi pembebasan Ahok akan diselesaikan di Lembaga Pemasyarkatan (lapas) Cipinang, Jakarta Timur. Semalam, sejumlah pendukung tampak terlihat di Markas Korps Brimob Polri, Kelapa Dua, Depok, sambil membawa lilin. Pada pukul 20.25 sedikitnya delapan pendukung Ahok yang terlihat. Mereka sempat meminta masuk, namun tidak diperbolehkan oleh petugas. Mereka membawa lilin dan membentangkan spanduk berukuran sekitar 1x2,5 meter. ”Kongkow dan Ngobrol ‘Ahoker’, Sampai Kapan pun Perjuangan Tak Pernah Usai,” begitu tulisan di spanduk tersebut.

Para Ahoker tersebut berbaju seragam kampanye Pilgub DKI, yakni kemeja kotak-kotak. Mereka duduk di trotoar sambil menyalakan lilin. Salah satu pendukung, Yudo Wibowo, mengungkap maksud dan tujuannya datang ke Mako Brimob.

Mereka ikut berbahagia karena Ahok segera bebas. ”Kami cuma bersimpati, karena Bapak Basuki Tjahaja Purnama atau Bapak Ahok kan besok masa tahanannya sudah selesai. Dulu waktu beliau masuk penjara kan rekan-rekan bersimpati juga,” kata Yudo.

Karangan Bunga

Yudo mengatakan kedatangannya itu merupakan bentuk dukungan terhadap Ahok. Mereka akan terus mendukung di mana pun Ahok berkarir. ”Masalah nanti beliau berkiprah di bidang apa, ya silahkan saja,” imbuhnya.

Tak hanya itu, karangan bunga bertuliskan ‘Welcome Mr Basuki ikut menyambut kebebasan Ahok. Karangan bunga itu diantar oleh Deni (50), pemilik toko karangan bunga di Jakarta Pusat. Karangan bunga itu diletakkan di depan Gereja GPIB Gideon yang lokasinya di samping Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok. ‘Welcome Mr Basuki, Mantan Pelayan Jakarta Terbaik.

Kami Puas dengan Pelayanan Anda. Semoga Sehat Selalu’ demikian tulisan pada karangan bunga tersebut. Deni mengaku tidak tahu siapa yang memesan karangan bunga itu. Dia hanya diminta mengantar karangan bunga itu ke Mako Brimob. (dtc,ant-64)


Loading...
Komentar