Susun RKPD 2020 Perlu Masukan Publik

UNGARAN- Untuk membuat rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2020 perlu masukan publik. ‘’Hal itu sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 86 Tahun 2017,” kata Sekda Kabupaten Semarang, Gunawan Wibisono.

Dia mengatakan dalam menyusun RKPD, setidaknya ada empat tahap yang perlu dilalui. Hal itu meliputi kajian, termasuk berkaitan berhubungan dengan evaluasi terhadap 27 Program Bupati Semarang. Kemudian menyusun rancangan awal meski sifatnya masih angka-angka kebijakan makro. ‘’Lalu menghimpun masukan dari publik, dan tahapan politis. Tahapan politis tidak kalah penting, menyusul memang harus dikawal termasuk pokokpokok pikiran DPRD,’’jelasnya.

Dorong Investasi

Sementara itu, dia juga menegaskan pentingnya mendorong investasi untuk pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Semarang. Sebab, dengan investasi peningkatan produk-produk lokal itu dapat menekan angka kemiskinan dan pengangguran di Bumi Serasi.

‘’Daya dukung lingkungan juga menjadi isu penting, sumber air dan penataan ruang sudah diidentifikasi. Dan pada 2020 mendatang, pemerintah pusat tidak lagi berkonsentrasi pada insfrastruktur, tetapi mulai pada peningkatan sumber daya manusia,’’ katanya.(H86-22)


Berita Terkait
Loading...
Komentar