VIVO Y95 Smartphone Seri Y Terbaru

USAI menghadirkan Y91, masih di bulan yang sama, Vivo kembali meluncurkan smartphone berkategori mid-end atau kelas menengah ke-bawah, yaitu Vivo Y95. Telepon pintar ini hadir dengan tampilan lebih segar dan dibekali beberapa spesifikasi unggulan di kelasnya. Kendati sama-sama Yseries, Vivo Y95 memiliki spesifikasi dan harga lebih tinggi.

Spessifikasi ituantara lain, kamera utama berlensa ganda, kamera selfie beresolusi tinggi, RAM dan penyimpanan internal berkapasitas besar, baterai dengan daya tampung jumbo, layar berponi berukuran luas dan diotaki oleh prosessor bertenaga buatan Qualcomm serta dibekali beberapa fitur kecerdasan buatan (AI).

Sebelum mendarat di Indonesia, Vivo Y95 lebih dulu dipasarkan di China dan Filipina. Dibandingkan dua negara itu, Vivo Y95 versi Indonesia menyediakan storage sedikit lebih sempit. Penyimpanan internalnya dipangkas menjadi 32GB (dari 64GB).

Kendati menyusut, Vivo Y95 tetap dibekali slot microSD untuk ekspansi memori hingga 256GB. Selain storage, spesifikasi lain Vivo Y95 versi Indonesia identik dengan Filipina, seperti RAM 4GB dan chipset Snapdragon 439 besutan Qualcomm.

Dari segi desain bodi, hadir dengan ponsel baru ini tampilan elegan dan berkelas, di mana desainnya memiliki karakteristik sendiri disertai lengkungan yang tampak jelas di keempat sisinya. Pada bagian belakang juga terlihat begitu anggun dengan perpaduan gradasi warna merah + ungu (aurora red) dan biru + hitam (starry Black).

Sementara di bagian depan, terdapat sebuah panel dengan tampilan waterdrop / poni menyerupai tetesan air. Ponsel ini memiliki ukuran bodi 155.1 x 75.1 mm dengan ketebalan yang lumayan slim yakni 8.3 mm serta memiliki berat 163.5 gram.

Untuk material, terbuat dari bahan polycarbonate pada bagian belakang dan kaca di bagian depan. Vivo Y95 memiliki panel yang menyerupai V11 Pro, yaitu terdapat poni seperti setetes air atau yang biasa disebut dengan waterdrop display dan berukuran lebih luas, yaitu 6.22 inci.

Selain luas, layar tersebut juga memiliki bezel super tipis di keempat sisinya, baik sisi kanan kiri maupun atas bawah dengan rasio screen to body mencapai 82.9%.

Jenis panel yang digunakannya, berasal dari teknologi layar sentuh kapasitif IPS (In- Plane Switching) LCD dengan kedalaman 16 juta warna, beresolusi HD+ 1520 x 720 piksel, aspek rasio 19:9 (fullview) dan memiliki kepadatan piksel per inci sebesar 271 ppi.

Di sektor dapur pacu / performa, Vivo Y95 dibekali berbagai hardware unggulan di kelasnya yang akan saling bekerjasama untuk memaksimalkan kinerja sistem operasi Android Oreo 8.1 antarmuka Funtouch OS 4.5.

Untuk otak pemrosesan dan pengolah grafisnya, Vivo membekali perangkat mereka ini dengan SoC (System on Chip) produk Qualcomm, yaitu Snapdragon 439 (12 nm) Octa-core dengan kecepatan clocking sebesar 2x 1.95 GHz + 6x 1.45 GHz teknologi Cortex A53 sebagai prosessornya dan diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 505 sebagai pengolah grafisnya untuk performa yang kompetitif.

Resolusi Tinggi

Dengan perpaduan hardware dan software tersebut di atas, Vivo Y95 ini diklaim mampu menjalankan berbagai jenis aplikasi berat seperti game maupun membuka banyak aplikasi sekaligus (multitasking). Agar kebutuhan fotografi penggunanya terpenuhi, ponsel cerdas ini dibekali kamera beresolusi tinggi lengkap dengan fiturnya.

Di bagian belakang, dengan mengandalkan kamera belakang ganda berkekuatan 13 megapiksel + 2 megapiksel (depth sensor) dengan lensa aperture f/2.2 PDAF yang menggunakan sensor BSI CMOS 1/3 inci 1.12um piksel, phase-detection autofokus, AI, dan LED flash.

Fungsi kamera ganda pada smartphone Vivo Y95 ini adalah mamou menghasilkan efek bokeh atau blur yang mantap seperti kamera DSLR.

Dengan adanya dua lensa tersebut, penggunanya sudah pasti bisa mengambil gambar dengan efek bokeh yang mengagumkan. Nah, agar hasil tangkapan yang dihasilkan bisa lebih maksimal lagi, didukung pula oleh fitur berupa LED flash, HDR dan panorama.

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Vivo Y95 adalah memiliki penyuplai daya dengan daya tampung besar yaitu 4030 mAh berjenis lithium-ion. Dengan daya tampung sebesar itu, ponsel ini diyakini akan mampu bertahan selama seharian penuh, meski tanpa terhubung charger.

Selain itu, baterainya tersebut juga didukung oleh fitur pengisian super cepat (fastcharging), sehingga untuk proses isi ulang daya akan lebih cepat jika dibandingkan dengan pengisian standar.6. Sensor Fingerprint dan Face Unlock Untuk keamanan perangkat, HP Vivo Y95 dilengkapi berbagai macam jenis sistem keamanan yang dapat diaktifkan secara bersamaan.

Termasuk sensor fingerprint yang letaknya di bagian tengah punggung perangkat dan face unlock yang diklaim memiliki kecepatan dan akurasi tinggi untuk memindai wajah pemiliknya. Selain dua fitur tersebut, pengguna juga bisa mengaktifkan sistem keamanan standar lainnya, seperti pola, password maupun PIN.

Berbeda dari pendahulunya Y81, smartphone Vivo 95 ini dilengkapi fitur keamanan sensor sidik jari bersama face unlock. Bekerja sama dengan Google, kamera pada Y95 telah terintegrasi dengan teknologi Google Lens untuk menghadirkan pengenalan gambar melalui AI .

Menggunakan algoritma pembelajaran mendalam yang terdepan dalam industri, bergabung dengan teknologi jaringan saraf artifisial, Y95 dapat mengidentifikasi objek dan pemandangan foto kemudian melakukan pencarian terkait. (53)


Loading...
Komentar