Panorama yang Menenangkan Hati

SM/Teguh Inpras : TUK BENING : Suasana Tuk Bening di Kebun Teh Kaligua, Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Brebes.(32)
SM/Teguh Inpras : TUK BENING : Suasana Tuk Bening di Kebun Teh Kaligua, Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Brebes.(32)

LELAH dengan rutinitas pekerjaan dan hiruk pikuk kota? Agrowisata Kebun Teh Kaligua bisa menjadi pilihan untuk menyegarkan diri di akhir pekan.

Ya, perkebunan milik PTPN IX Semarang yang berlokasi di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Brebes ini memang memiliki landskap alam yang memesona. Berada di ketinggian 1.200 - 2.050 mdpl tempat wisata ini memiliki udara yang sejuk.

Memandang hamparan tanaman teh dengan latar belakang Gunung Slamet akan membuat pikiran dan hati menjadi tenang. Salah seorang pengunjung Asikin (40) mengaku datang ke Kaligua karena ingin melepas penat dan menikmati suasana yang lain dari biasanya. ”Udaranya sejuk, segar dan panoramanya sungguh menenangkan hati,” kata warga Ajibarang, Banyumas.

Hal senada disampaikan Silvi (20) pengunjung asal Bumiayu. Dia mengaku senang datang ke Kaligua. Menurut dia, mereka yang gemar berswafoto wajib berkunjung ke Kaligua. ”Pemandangan hamparan kebun teh dengan latar belakang Gunung Slamet. Instagrammable banget,” ujar remaja asal Bumiayu itu.

Tak cuma mengagumi keindahan alamnya, di kebun teh Kaligua ini juga bisa menelusuri peninggalan bersejarah, salah satunya

Goa Jepang. Kemudian juga ada arena bermain anak di Tuk Bening. Selain itu, gardu pandang di Puncak Sakub. Lokasi ini merupakan titik tertinggi kebun teh Kaligua, 2.080 mdpl. Dari lokasi ini pula bisa menyaksikan matahari terbit. Tak perlu khawatir bermalam dimana untuk menunggu matahari terbit. Sebab di kebun teh Kaligua juga disediakan penginapan dan vila.

Supervisor Agrowisata Kebun Teh Kaligua Marjono mengatakan tingkat kunjungan saat ini sudah kembali normal seiring berlalunya liburan panjang. ”Kalau akhir pekan memang lebih ramai dibandingkan hari-hari biasa,” kata dia.

Menurutnya, kepadatan pengunjung terjadi pada liburan panjang Natal dan Tahun Baru 2019 kemarin. Saat itu, total pengunjung mencapai 18.862 orang.”Tingkat kunjungan ini lebih baik dibandingkan dengan tahun sebelumnya,” kata dia.

Menurut Marjono, wisatawan tidak hanya berasal dari Kabupaten Brebes, tetapi dari wilayah tetangga seperti Tegal dan Banyumas.(H51-32)