• KANAL BERITA

Akaa Talk and Exhibition Digelar

“Aga Khan Award” merupakan penghargaan arsitektur diberikan setiap tiga tahun untuk proyek-proyek yang menetapkan standar keunggulan baru dalam arsitektur, praktik perencanaan, pelestarian bersejarah dan arsitektur lansekap. Penghargaan ini berusaha untuk mengidentifikasi dan mendorong konsep-konsep bangunan yang berhasil mengatasi kebutuhan dan aspirasi masyarakat di seluruh dunia. IAI Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan IAI Nasional dan Anabata mengadakan talk show dan exhibition karya-karya pemenang dan penghargaan bergengsi ini di Hotel Oak Tree Semarang, pada tanggal 3 November 2018.

Acara dibuka oleh Ketua IAI Nasional Ahmad Djuhara, IAI dengan menampilkan Steering Committee Aga Khan Award (Farrokh Derakhshani) serta dari Atelier Han Tumertekin Turkey (Han Turmertekin).

Selain karya-karya dari arsitek internasional, pada talk show ini juga dibedah karya YB. Mangunwijaya (Romo Mangun) di permukiman Kali Code yang juga mendapatkan Aga Khan Award 1090-1992.

Penghargaan ini diberikan terkait dengan program perbaikan kampung untuk meningkatkan pemukiman liar dengan membangun rumah dari kayu dan bambu untuk menciptakan lingkungan rumah tradisional. Acara itu ditindaklanjut pula dengan pameran karya-karya pemenang dan nominasi Aga Khan Award tahun 2016 di Ohana CafÈ Semarang dan Semarang Contamporary Art Gallery.

Acara ini sangat banyak diminati dan diikuti oleh para arsitektur professional dan mahasiswa arsitektur dari berbagai perguruan tinggi di Semarang. Melalui pengadaan event seperti ini diharapkan akan dapat memberikan wawasan dan ide-ide desain bagi para arsitek dan mahasiswa arsitektur di wilayah Jawa Tengah, sehingga tetap mampu mengikuti perkembangan arsitektur internasional serta ke depannya akan lebih banyak arsitekarsitek lokal yang mampu berkiprah dalam kancah internasional.(—Baju Arie Wibawa, IAI, AA, Sekretaris Umum IAI Jawa Tengah- 53)