Tersambar Petir, Satu Tewas dan Tiga Luka

SM/ Bayu Setiawan : DIRAWAT : Salah seorang korban luka akibat tersambar petir di Desa Cikakak, Kecamatan Banjarharjo, Brebes, menjalani perawatan di Puskesmas Cikakak, kemarin. (38)
SM/ Bayu Setiawan : DIRAWAT : Salah seorang korban luka akibat tersambar petir di Desa Cikakak, Kecamatan Banjarharjo, Brebes, menjalani perawatan di Puskesmas Cikakak, kemarin. (38)

BREBES -Empat warga Desa Cikakak, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes tersambar petir, kemarin.

Mereka tersambar petir saat berteduh dari hujan yang mengguyur wilayah tersebut di sebuah gubuk. Satu orang dilaporkan tewas dalam kejadian itu dan tiga lainnya menderita luka-luka. Korban tewas, yaitu Dirman (30), warga RT 18 RW 2, Desa Cikakak, Kecamatan Banjarharjo. Sementara itu, korban luka, yakni Dedi (50), Turyani (65), dan Rustam (60), ketiganya juga warga Desa Cikakak. Para korban luka dibawa ke Puskesmas Cikakak untuk mendapatkan pertolongan.

Adapun jasad korban tewas setelah pemeriksaan tim medis, diserahkan keluarganya untuk dimakamkan. Danramil 14 Banjarharjo Kapten Infanteri Agus Sulistyo melalui Babinsa setempat, Kopda Wahyudiono, menuturkan, berdasarkan keterangan para korban luka, kejadian itu berawal saat mereka tengah bekerja di sawah. Saat sore hari, mendadak turun hujan lebat dan mereka memutuskan untuk berteduh di sebuah gubuk di tengah area persawahan. Hingga hari menjelang petang, hujan tak kunjung reda, sehingga mereka memutuskan pulang.

Kenai Gubuk

’’Saat para korban ini hendak keluar gubuk, mendadak petir menyambat beberapa kali. Pada sambaran keempat mengenai gubuk sehingga mereka ikut tersambar,’’ ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, peristiwa itu oleh warga dilaporkan ke jajarannya dan Polsek Banjarharjo. Lalu, pihaknya bersama anggota Polsek langsung mendatangi tempat kejadian perkara. Para korban selanjutnya dievaluasi ke puskesmas terdekat. Hingga kemarin, korban luka masih menjalani perawatan di Puskesmas Cikakak. Sementara itu, korban meninggal diserahkan ke keluargannya setelah pemeriksaan tim medis. ’’Korban tewas ini disebabkan oleh luka bakar serius di tubuhnya,’’papar dia.

Dia mengingatkan masyarakat, agar lebih berhati-hati saat hujan dan dapat memilih tempat berteduh yang aman serta tidak berisiko terhadap sambaran petir. ’’Kami mengingatkan agar warga lebih waspada saat hujan karena rawan sambaran petir,’’ pungkasnya. (H38-38)