Tol Salatiga-Boyolali Siapkan Dua Jalur

Antisipasi Libur

SM/Setyo Wiyono - JALUR MUDIK : Jalan tol Salatiga-Boyolali menjadi salah satu jalur mudik yang disiapkan untuk dilintasi pemudik pada saat libur Natal dan Tahun Baru, akhir tahun ini.(21)
SM/Setyo Wiyono - JALUR MUDIK : Jalan tol Salatiga-Boyolali menjadi salah satu jalur mudik yang disiapkan untuk dilintasi pemudik pada saat libur Natal dan Tahun Baru, akhir tahun ini.(21)

BOYOLALI - Jalan tol Salatiga-Boyolali bakal dibuka dua jalur dari arah timur dan barat selama libur akhir tahun 2018. Pembukaan dua jalur itu dipilih operator tol untuk memberikan pelayanan maksimal bagi pemudik dan masyarakat yang hendak melintasi tol saat libur akhir tahun yakni Natal dan Tahun Baru (Natura).

Direktur Utama PTJasa Marga Solo Ngawi (Dirut PT JSN) David Wijayatno mengungkapkan, kesiapan jalan tol Salatiga-Boyolali dipakai sebagai jalur alternatif mudik libur akhir tahun ini sudah mendekati 100 persen.

Pihaknya tinggal menyelesaikan pekerjaan kecil seperti pemasangan rambu, pengecatan marka jalan, dan persiapan lokasi peristirahatan sementara (rest area) ”Nantinya jalur tol Salatiga- Boyolali, kan dibuka dua arah, baik dari timur ke barat.

Nah mulai pekan ini persiapan-persiapan kami terus melakukan persiapan-persiapan di sepanjang jalur tol dengan melengkapi fasilitas keselamatan dan kenyamanan pemakai jalan.

Salah satu pekerjaan yang sedang dikerjakan kemarin adalah pengecatan marka jalan, pemasangan ramu-rambu dan pemenuhan fasilitas lainnya,” katanya saat dihubungi Suara Merdeka, Senin (10/12).

Libur Bersama

David menjelaskan, jalan tol sepanjang 32 km lebih itu rencananya dibuka selama 24 jam non-setop. Pemakai jalan yang hendak melintasi tol dipersilahkan lewat dan tidak dipungut biaya, mengingat tol belum dioperasikan penuh. Pintu masuk tol ini dari arah timur melalui simpang susun tol Denggungan, Banyudono Boyolali.

Adapun dari arah barat melalui tol Salatiga. Terkait, kapan waktu pembukaan tol untuk umum, David memperkirakan pembukaanya bersamaan dengan libur bersama dimulai.

Seperti diketahui PTJSN dan PT Waskita Karya sudah menyelesaikan Salatiga-Boyolali proyek strategis Tran Jawa ini pada awal Desember 2018. Usai pekerjaan fisik, operator tol tersebut juga sudah mengajukan uji laik fungsi dan dinyatakan lulus oleh penilai dari pusat.

Pada libur akhir tahun ini, proyek strategis nasional ini diuji coba dengan diberlakukan operasional non-tarif akhir tahun ini. Diperkirakan tol ini resmikan dan dioperasionalkan pada awal 2019. (J5-21)


Berita Terkait
Loading...
Komentar