Truk Sodok Trailer di Jalingkut

BOYOLALI- Kecelakaan lalu lintas terjadi di turunan jalur lingkar utara (jalingkut), tepatnya di ruas Dukuh Kalikiring, Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo, Senin (10/12). Sebuah truk Nissan Nopol E-9949-AB menyodok Traktor Head atau trailer Hino G-1775-DF.

Tidak ada korban dalam kejadian itu. Kedua sopir dan awaknya selamat. Arus lalu lintas pun tak terhalang karena kedua kendaraan yang celaka menyingkir di sisi kiri jalan. Jajaran Satlantas Polres Boyolali juga langsung mendatangi lokasi kejadian guna memberikan pertolongan.

Menurut Kanit Laka, Ipda Utomo mewakili Kasat Lantas Polres Boyolali, AKP Febriyani Aer, kecelakaan terjadi pukul 07.00. Kedua kendaraan berat itu sebelumnya berjalan searah dari arah barat. ”Truk berada di belakang Traktor Head,” ujarnya.

Namun, begitu menuruni jalan yang cukup curam, Suharminto, 66, pengemudi truk Nissan, Suharminto (66) warga Desa Sukowidodo, Kecamatan Karangrejo, Tulungagung, Jatim tak bisa mengendalikan kendaraanya. Akibatnya, truk pun menghantam Traktor Head Hino yang melaju didepannya.

Mohammad Safii (35), sopir traktor Head Hino warga Dukuh Sendangmulyo, RT09 RW03, Desa Jeruk, Kecamatan Pancur, Kabupaten Rembang itu tak mengalami luka. Rusak Kendaraannya yang pengangkut biji plastik itu hanya mengalami penyok pada bagian bemper belakang. Justru truk Nissan yang menabrak yang rusak parah.

Bagian depan truk nyaris tak berbentuk. ”Meski begitu, sang pengendaranya selamat. Akibat kecelakaan ini, kerugian ditaksir mencapai Rp 1,5 juta.” Berdasarkan catatan Suara Merdeka, jalur tersebut memang rawan kecelakaan. Pada akhir Juli lalu, dilokasi yang sama terjadi kecelakaan lalu lintas yang sangat parah.

Dua orang tewas di tempat saat insiden kecelakaan beruntun yang melibatkan 4 kendaraan pada Senin (30/7) dini hari. Untuk itu, Utomo meminta pengendara untuk lebih berhati-hati saat berkendara. Terutama pengendara kendaraan besar, sebaiknya mengecek kelaikan kendaraan secara berkala dan sebelum berangkat.

Pengecekan fungsi pengereman kendaraan sangat penting sebelum melalui jalur tersebut. ”Dan apabila terjadi kendala atau masalah pada sistem pengereman lebih baik diperbaiki dulu. Jangan dipaksakan untuk jalan,” imbuh Utomo. (G10- 21)


Berita Terkait
Loading...
Komentar