START TERBAIK

BURNLEY- Liverpool menorehkan start terbaik di liga sepanjang sejarah. Adalah kemenangan 3-1 atas Burnley di pekan ke-15 yang dihelat di Turf Moor, Kamis (6/12) dini hari WIB, yang mengantarkan Liverpool mencatatkan torehan apik tersebut.

Dengan tambahan tiga poin itu, Liverpool punya 39 poin dari 15 laga, selisih dua angka dari Manchester City. Itu adalah start terbaik di kompetisi kasta teratas dalam sejarah 126 tahu1n klub tersebut. Klopp sudah melewati pencapaian manajer-manajer legendaris seperti Bill Shankly, Bob Paisley, Joe Fagan, dan Kenny Dalglish. Rekor apik itu juga disertai beberapa pencapaian bagus lainnya seperti soal pertahanan kokoh Liverpool yang jadi modal utama klub musim ini.

Hanya enam gol bersarang di gawang Alisson Becker dari 15 laga - menyamai rekor Premier League/Liga Inggris dengan jumlah laga sama seperti Man United (1985/1986), Arsenal (1990/1991), Chelsea (2004/2005 dan 2008/2009).

Gomez Cedera

Pada laga yang dihelat di Turf Moor, Kamis, Gomez dimainkan sebagai bek kanan seiring rotasi yang dilakukan Juergen Klopp. Namun, laga baru berjalan 23 menit, bek berusia 21 tahun itu harus ditandu keluar lapangan. Bek serba bisa tersebut tertabrak papan iklan dan mengalami masalah di bagian engkel. Gomez langsung digantikan oleh Trent Alexander-Arnold yang punya andil dengan gol kedua Liverpool lewat tendangan bebasnya. Setelah laga, Klopp mengonfirmasi soal cedera Gomez yang disebutnya terbilang cukup parah dan akan mengadakan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui berapa lama waktu pemulihannya. ‘’Joe mengalami cedera dan bukan cedera ringan. Kami akan memeriksanya besok. Ya, itu cedera engkel,’’ kata Klopp seperti dikutip Express.

Gomez menjadi salah satu pilar Liverpool yang performanya menanjak musim ini. Ia adalah pasangan utama Van Dijk di jantung pertahanan Liverpool, menggeser Dejan Lovren dan Joel Matip ke bangku cadangan. Sepanjang musim ini di Liga Inggris, Gomez sudah dimainkan 13 kali sebagai starter. (A4-29)