PGSI Daerah Diminta Gandeng Seluruh Stakeholder

GROBOGAN -Wakil Ketua I KONI Pusat Irfan Bachtiar meminta pengurus kabupaten (Pengkab) Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) untuk terus mengenalkan olahraga gulat di daerah. Untuk itu, pihaknya mengimbau agar PGSI menggandeng seluruh stakeholder yang ada. “Untuk menunjang pembinaan di daerah, pengurus perlu menggandeng seluruh elemen baik pemerintahan maupun pengusaha. Itu dimaksudkan untuk mengenalkan olahraga gulat pada masyarakat sekaligus menjaring potensi-potensi di daerah,”ujarnya, dalam pembukaan Rakernas PGSI di Hotel 21 Purwodadi, kemarin.

Di kesempatan itu, Bahtiar meminta agar lagu mars PGSI benar-benar diresapi. Menurutnya, lagu mars tersebut memiliki makna yang bisa diikuti seluruh cabang olahraga. “Memilih yang terbaik, meneguhkan yang terpuji, untuk meraih prestasi dunia. Setiap orang di (pengurus) gulat tak perlu diingatkan karena dengan lagu ini pasti ingat. Dan ini perlu ditiru juga pada cabang yang lain,” katanya.

Sementara Ketua PP PGSI Trimedya Panjaitan mengatakan Pengkab diminta lebih fokus pada kemampuan atlet lokal dan lebih realistis dalam melakukan pembinaan.

Menurutnya, jika berkaca pada Asian Games lalu, Atlet Indonesia masih lemah jika bertanding untuk nomor 100 kg lebih. “Kami tetap memperhatikan kejurnas seleksi umur ini untuk menggali potensi atlet dan menjaring mereka yang bertalenta. Kami akan lakukan pembinaan dan rencananya dipersiapkan untuk ajang Asian Games 2022 mendatang,” jelasnya.

Sementara itu, pihaknya juga berharap pengurus di tingkat daerah menggandeng awak media untuk membantu mengenalkan gulat. Ditingkat pusat sendiri, lanjutnya, sedang mempersiapkan kerjasama dengan salah satu media untuk membuat program acara gulat. “Kalau di MMA (Mix Martial Art) sudah ditayangkan di televisi, mestinya gulat juga bisa. Saat ini, kami juga sedang proses mengkaji siaran pertandingan itu,” ujarnya. (zul,-)


Baca Juga
Loading...
Komentar