Memaksimalkan Kinerja Google

SM/Aristya Kusuma Verdana : PELATIHAN : Perwakilan dari berbagai hotel di Jawa Tengah, mengikuti pelatihan ‘’Google My Business for Hotel Class 101’’ di Hotel Chanti, kemarin. (42)
SM/Aristya Kusuma Verdana : PELATIHAN : Perwakilan dari berbagai hotel di Jawa Tengah, mengikuti pelatihan ‘’Google My Business for Hotel Class 101’’ di Hotel Chanti, kemarin. (42)

SEMARANG - Semarang Hotel Reservation and e-commerce Community (SHREC), menggelar pelatihan dengan tajuk ‘’Google My Business for Hotel Class 101’’ di Hotel Chanti, kemarin.

Kegiatan ini membahas tentang cara memaksimalkan Google My Business bagi pelaku usaha di bidang perhotelan. ‘’Contohnya bagaimana sebuah hotel bisa meningkatkan tingkat hunian melalui cara mempromosikan hotelnya di Google My Business,’’ kata Media Relations SHREC, Desiana MP.

Dia menjelaskan komunitas pegawai hotel yang bertugas di bagian reservasi dan e-commerce tersebut dibentuk pada 15 September 2018. Saat ini jumlah anggota SHREC sekitar 70 orang yang mewakili dari hotel-hotel di Semarang dan sekitarnya. Ketua SHREC terpilih saat ini adalah Messach S Kandou.

Berikan Penjelasan

‘’Pelatihan menghadirkan narasumber dari pihak Google serta menggandeng Tiket.com dalam penyelenggarannya,’’tuturnya.

Pihak Google diwakili oleh Project Manager Google Gapura Digital Semarang, sekaligus pemilik Tresa Studio dan pendiri Semarang Android Center, Rizqi Mulyantara. Pelaku UKM dan Praktisi Daring Marketing, Bijak Putranto memberikan penjelasan cara mengunduh aplikasi, mengunggah informasi tentang pembaruan pelanggan dan bisnis, hingga cara membuat situs daring gratis dan praktis. ‘’Rizqi dalam pemaparannya mengutarakan tiga hal yang bisa didapatkan pelaku usaha melalui Google My Business. Cara pelanggan mencari bisnis, pelanggan melihat informasi, dan tindakan yang dilakukan pelanggan dengan informasi bisnis,’’paparnya.

Jumlah hotel di Semarang dan sekitarnya, semakin banyak dan tentu persaingannya semakin ketat. Kemampuan pegawai hotel harus terus di perbarui untuk mengikuti perkembangan teknologi pemasaran, khususnya segala sesuatu yang terkait dengan pemesanan yang melalui daring. ‘’Kami berharap mampu meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pegawai hotel yang bertugas di bagian reservasi dan e-commerce. Untuk menghadapi tantangan bisnis perhotelan saat ini, kami harus melek teknologi informasi,’’ ucapnya.

Market Manager Central Java Tiket.com, Wahyudi Sulistyo menuturkan strategi pihaknya yang dilakukan adalah bisa bertumbuh. Salah satunya mempunyai hubungan yang baik dengan pegawai hotel. ‘’Kami merupakan Online Travel Agent (OTA), yang menyediakan fasilitas pemesanan serta pembelian tiket secara daring. Mulai dari pesawat, kereta, hotel, sewa mobil, hiburan, dan banyak lagi,’ ‘kata Wahyudi. (akv-42)


Berita Terkait
Baca Juga
Komentar