Presiden Bertemu Empat Mata dengan Sultan HB X

YOGYAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungannya ke Yogyakarta, Kamis (6/12) menyempatkan diri berkunjung ke Keraton Yogyakarta. Presiden ditemui Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X dan para putri serta menantu di Gedung Jene, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Pada kunjungan itu, Presiden melakukan pertemuan empat mata dengan Ngarsa Dalemyang juga Gubernur DIY. “Gedung Jene itu khusus untuk pertemuan tamu negara dengan Raja Keraton Yogyakarta,” ujar GKR Mangkubumi. Ketika ditanya sejumlah wartawan, Jokowi menjelaskan, dia diundang Sri Sultan.

“Saya diajak, diaturi pinarak oleh beliau,’’jawab Presiden Joko Widodo sambil jempol jarinya menunjuk Sri Sultan Hamengku Buwono X. Perbincangan mereka disebut seputar ketatanegaraan, manajemen negara, masalah konstitusi, dan lainnya.

“Ya kita bicara seputar itu saja,” katanya. Terkait dengan perkembangan pembangunan bandara baru Yogyakarta di Kulonprogo, Jokowi mengungkapkan sudah memperberbincangkannya saat di Bandara Adi Sutjipto. “Ya progresnya bagus semoga 2019 sudah bisa beroperasi,” ujarnya.

Seusai singgah di Keraton Yogyakarta, Presiden mengajak Sri Sultan Hamengku Buwono X untuk menaiki mobil Indonesia 1 menuju kampus Aisyiyah yang berada di Ring Road Barat, Gamping, Kabupaten Sleman.(sgt-56)


Berita Terkait
Komentar