Data Pemilih Diminta Disempurnakan

SEMARANG - Jawa Tengah dinilai telah siap melaksanakan Pemilu serentak 2019. Namun, data jumlah pemilih masih harus disempurnakan dan jangan sampai menjadi bom waktu.

Ketua Komisi II DPR RI Zainudin Amali mengatakan, meski sudah siap namun masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki dan disempurnakan. Misalnya, tentang daftar pemilih yang berbasis KTP elektronik.

Perkembangan jumlah warga yang berhak memilih sangat dinamis, maka Pemprov Jateng, khususnya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil harus cepat memperbaiki dan memperbarui data kependudukan.

‘’Di Jateng, persoalan daftar pemilih dan hak pilih warga yang belum memiliki KTP elektronik mesti menjadi perhatian serius. Masih ada waktu untuk menyempurnakan data pemilih. Tolong diperbaiki di- update sesuai perkembangan terakhir,’’ kata Zainudin usai kunjungan di Pemprov Jateng baru-baru ini.

Selain terkait daftar pemilih, sosialisasi tahapan pemilu dan peraturan pemasangan alat peraga kampanye juga tidak kalah penting disampaikan kepada masyarakat. Menurutnya, tidak sedikit warga yang belum move on dari pemilihan kepala daerah yang diselenggarakan beberapa waktu lalu. Maksudnya, ada beberapa perbedaan aturan-aturan Pilkada dan Pileg maupun pilpres.

‘’Terlebih Jateng termasuk provinsi dengan jumlah pemilih banyak serta wilayah luas. Tidak kalah penting adalah terkait keamanan serta potensi kerawanan mesti diantisipasi,’’terangnya. Sekretaris Daerah (Sekda) Jateng Sri Puryono menegaskan, pada prinsipnya Jawa Tengah siap melaksanakan pemilu serentak pada April 2019.

Berbagai upaya dilakukan guna menciptakan situasi kondusif menghadapi Pemilu 2019. Antara lain menjalin kerja sama dan komunikasi Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan segenap daerah. Kemudian melakukan pemantauan permasalahan yang muncul dan sekaligus memberi solusi sesuai tugas dan kewenangannya.( H81-56)


Berita Terkait
Komentar