Panitia Perpanjang Pendaftaran Pilrek Undip

SEMARANG - Panitia Pemilihan Rektor (Pilrek) Undip memperpanjang batas waktu pendaftaran calon. Hal tersebut dikemukakan Kepala UPT Humas Undip Nuswantoro Dwiwarno, Kamis (6/12). ”Terkait dengan beberapa pertanyaan kepada kami, maka dinformasikan bahwa masa pendaftaran calon rektor seharusnya sudah ditutup.

Namun sampai saat ini karena belum memenuhi minimal tiga calon, sehingga berdasarkan peraturan, maka pendaftaran dapat diperpanjang sampai tanggal 17 Desember,” tuturnya.

Menyusul masih sepinya peminat untuk jabatan rektor, panitia juga telah menempuh berbagai tahapan. Hal yang telah dilaksanakan di antaranya menggencarkan sosialisasi ke semua fakultas.

Kirim Surat

Selain itu, panitia juga mengirim surat kepada seluruh dekan di Undip dengan tujuan, apabila di fakultas tertentu terdapat dosen yang telah memenuhi syarat dan ingin mencalonkan diri sebagai rektor diharapkan segera mendaftar.

”Tentu dengan memasang spanduk juga supaya masyarakat kampus ataupun masyarakat umum tahu sedang berjalan tahapan pemilihan rektor di Undip,” tutur dosen Fakultas Hukum itu.

Dia berharap banyak dosen yang telah memenuhi syarat bersedia mencalonkan diri. Ketua Pilrek Undip Prof Dr Bambang Pramudono sebelumnya menyatakan telah menunggu kehadiran para putra terbaik Undip untuk menjadi bagian dalam penjaringan calon rektor. Kendati demikian, panitia optimistis akan banyak bakal calon.

Pilrek Undip kali ini memang berbeda dibanding pemilihan sebelumnya. Selain karena sudah berstatus PTN Badan Hukum (PTNBH), syarat yang diberikan untuk peminat calon rektor juga tidak mudah.

Pada saat masih berstatus badan layanan umum (BLU) maka syarat akademik calon rektor juga sebatas dosen yang bergelar doktor. Namun pada Pilrek 2019 ini, mereka yang ingin menjabat rektor harus seorang profesor. Selain itu, usianya juga dibatasi 60 tahun. Dasar dari pilrek itu adalah Peraturan Pemerintah 52/2015 tentang Statuta Undip.

Jadi, syarat yang diajukan memang tidak menyalahi aturan meski berkesan berbeda dengan penyelenggaraan pilrek di lain kampus. Tahapan pilrek akan diakhiri dengan pengangkatan dan pelantikan rektor terpilih, pada 12 April 2019. (H41-40)


Berita Terkait
Komentar