• KANAL BERITA

Warta Remaja

Ajarkan Siswa BERDEMOKRASI

Pilketos SMP39 Semarang
Pilketos SMP39 Semarang

Haii Gaiiss... SMP39 Semarang baru saja melaksanakan pemilihan ketua OSIS (Pilketos), lho. Hal itu tentu sesuai dengan azas pemilu. Para siswa berbondong-bondong menuju TPS yang disediakan panitia.

Dengan berbekal kartu OSIS sebagai syarat, mereka mencoblos pasangan calon yang mereka dukung. Pemilihan ketua OSIS berlangsung dari pukul 08.00-14.00, dilanjutkan penghitungan suara hingga pukul 15.30. Tahun ini Pilketos kembali menggunakan surat suara, yang pada tahun sebelumnya menggunakan sistem online atau daring.

"Surat suara dirasa lebih greget untuk para siswa menyuarakan dukungan terhadap pasangan calon," kata Bapak M Agus Khamid Arif SS, selaku guru pembimbing. Dengan mengembalikan sistem coblos, siswa dilatih prosedur dalam tata cara pemilu.

Pemilihan kali ini terdapat dua pasangan calon. Mereka, yaitu M Lutfi Kurniawan dan Nabila Setyaningsih sebagai pasangan nomor urut satu, serta pasangan nomor urut dua Keisha Khairunnisa dan Stevani Verra. Mereka berkompetisi untuk menarik simpati warga sekolah dengan visi-misi andalan mereka.

Pencitraan selama kampanye berbuah hasil, akhirnya pasangan nomor urut satu memenangi pilketos dengan 652 suara. Perbandingan sangat signifikan dengan pasangan nomor urut dua, yakni 280 suara.

Adapun surat suara yang rusak 30 suara. "Berarti siswa mulai mengerti arti pemilu. Suara mereka menentukan satu tahun ke depan," tegas Kepala SMP39 Semarang. Semoga pasangan yang terpilih mampu mengemban tugas menjadi Ketua dan Wakil Ketua OSIS yang amanah ya...

Tim SMP39 Semarang


Berita Terkait
Baca Juga
Komentar