Omah Kreatif di Kampung Batik Kauman Diresmikan

PEKALONGAN-Wali Kota Mochammad Saelany Machfudz meresmikan Omah Kreatif di Kampung Batik Kauman yang digagas Perkumpulan Kampoeng Batik Kauman (PKBK), Senin (22/10) malam. Omah Kreatif menjadi sarana untuk mewadahi kreativitas dan inovasi masyarakat dan pelaku usaha batik di Kampung Batik Kauman.

Wali Kota menyambut baik keberadaan Omah Kreatif di Kampung Batik Kauman dan serangkaian acara dalam ‘’Kauman Art Festival ‘’ yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Hari Batik Nasional. ‘’Kami sangat mengapresiasi acara ini.

Dengan penyelenggaraa acara ini, warga Kampung Batik Kauman telah memberikan kontribusi yang besar kepada Pemkot. Bukan minta ke Pemkot, tapi memberikan kontribusi,’’terangnya. Menurutnya, serangkaian acara yang digelar tersebut memberikan semangat kepada Pemkot Pekalongan dalam mendorong perkembangan batik.

‘’ Kegiatan seperti ini akan menjadi simpul kreativitas yang akan terus bertumbuh. Kami hanya memfasilitasi, tetapi ternyata masyarakat luar biasa responnya. Ini membuat Pemkot Pekalongan lebih bersemangat dalam mempromosikan dan memasarkan batik Pekalongan,’’ sambungnya.

Ketua PKBK M Husni Mubarok menjelaskan, Omah Kreatif menjadi wadah bagi pengembangan kreativitas masyarakat di Kampung Batik Kauman. Diharapkan, keberadaan Omah Kreatif akan mendorong pemuda Kauman untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi. ‘’Kami akan memberdayakan masyarakat sekitar. Di sini potensi seni dan budayanya banyak.

Selama ini wadahnya belum ada. dengan adanya Omah Kreatif ini, bisa menjadi wadah untuk mengaktualisasikan kreativitasnya. Semoga dengan hadirnya Omah Kreatif ini ke depan banyak inovasi yang muncul dari Kauman,’’harapnya. Ia menambahkan, di Omah Kreatif terdapat workshop batik, showroom batik bersama, telecenter hingga online shop bagi para pengusaha.

Peresmian Omah Kreatif malam itu diawali dengan pengukuhan pengurus Perkumpulan Kampoeng Batik Kauman. Acara juga dimeriahkan dengan peragaan busana, kuliner dan berbagai seni di sepanjang jalan di Kampung Batik Kauman. (K30-66)