Mahasiswa Galakkan Budaya Literasi

SALATIGA - Mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah IAIN Salatiga mengalakan budaya banyak membaca buku (literasi). Hal ini salah satunya ditandai dengan menggelar seminar literasi dan bedah buku bertema ‘’Berekspresi dan Berkarya melalui Goresan Tinta’’ di Auditorium Kampus III, Rabu (10/10).

Acara yang digelar sebagai rangkaian kegiatan Comunnications Festival (Comfest) ini menghadirkan narasumber Dekan Fakultas Dakwah IAIN Salatiga Dr Mukti Ali dan penulis buku biografi Sosrokartono, Aguk Irawan. Mukti Ali menyoroti masih lemahnya budaya literasi di kalangan mahasiswa. Menurutnya, sekarang ini era teknologi. Kalau tidak punya buku, bisa pakai kuota internet di gawai atau komputer untuk mengunduh e-book. ”Penting bagi mahasiswa memiliki budaya literasi yang baik. Harus banyak membaca agar bisa menulis,’’ ungkap dia.

Motivasi untuk menggalakkan budaya literasi juga diutarakan Aguk Irawan. Melalui sosok Sosrokartono, ia menceritakan kakak RAKartini itu sebagai orang yang ‘’kaya’’dalam hal literasi. Untuk itu tidak mengherankan jika karyanya begitu banyak dan menguasai puluhan bahasa. ‘’Sosrokartono adalah seorang wartawan perang pada Perang Dunia I. Ia menguasai 34 bahasa. Sosok yang luar biasa,’’ kata dia.

Terpisah, Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) KPI IAIN Salatiga Gesang Kusuma Comfest digelar dua hari. Selain seminar dan bedah buku, kegiatan ini juga diisi dengan festival film. (H32-22)


Berita Terkait
Komentar