Stok Beras Cukup untuk 10 Bulan

KALIWUNGU - Untuk mendukung program pemerintah dalam mengamankan ketahanan pangan, Sub Divisi Regional Badan Urusan Logistik (Sub Divre Bulog) Pati telah memiliki stok beras mencapai 35.015 ton.

Jumlah tersebut mampu memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah kerja Pati, Kudus, Jepara, Rembang dan Blora selama 10 bulan ke depan hingga Juni 2019. Kepala Sub Divre Bulog Pati M Taufiq mengatakan, tanggung jawab Bulog ke depan semakin berat dan dilematis. Di satu sisi Bulog memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas harga dan ketahanan pangan.

Namun, di sisi lain juga harus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan internalnya agar tetap bisa bertahan. ”Tugas kami antara lain melakukan pengadaan beras untuk memenuhi stok ketahanan pangan,” ujarnya, saat mendampingi Bupati Kudus Muhammad Tamzil meninjau Gudang Bulog di Kecamatan Kaliwungu Kudus, Selasa (9/10).

Selama ini, Bulog berusaha melakukan pengadaan beras sebanyak-banyaknya. Tak hanya untuk mengamankan stok pangan, tetapi juga berperan dalam pengelolaan bantuan sosial (Bansos). Namun sejak Oktober 2018, Bansos tidak ada lagi dan diganti Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) di mana pengadaan beras dapat berasal dari luar non Bulog.

Inovasi

Menurutnya, BNPT merupakan bantuan pangan dari pemerintah yang diberikan kepada kelompok penerima manfaat (KPM) setiap bulannya.

Bantuan melalui akun elektronik digunakan hanya untuk membeli pangan di ewarung kelompok usaha bersama program keluarga harapan (Kube PKH) / pedagang bahan pangan yang bekerja sama dengan himpunan bank milik negara (himbara). Kepala Gudang Bulog Kudus, Suyoko menambahkan, pihaknya saat ini memiliki stok beras 2.970 ton dari tersimpan di gudang berkapasitas 5.500 ton.

Beras yang ada sekarang cukup untuk memenuhi ketahanan pangan warga Kota Kretek hingga 6,5 bulan ke depan hingga Mei 2019. Bahan pangan yang disimpan termasuk 700 ton beras kemasan premium 5 kilogram. Bupati HM Tamzil mengapresiasi kinerja Bulog Kudus dengan segala inovasi yang cukup baik. (H8-63)


Berita Terkait
Baca Juga
Komentar