Puluhan Warga Aksi Makan Buah dan Sayur

Kampanyekan Germas

BREBES- Puluhan warga dari Kecamatan Jatibarang dan Songgom, Kabupaten Brebes, Kamis (11/10), melakukan aksi makan buah dan sayur bersama di aula Kecamatan Jatibarang. Aksi itu merupakan bagian dari kegiatan kampanye gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes bersama Dinas Kesehatan Provinsi Jateng.

Selain aksi makan buah bersama, dalam kampanye itu juga dilaksanakan pemeriksaan kesehatan gratis bagi para peserta. Termasuk, dibuka juga konsultasi seputar kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, dr Sri Gunadi Parwoko melalui koordinator kegiatan, Rudi Pangarsaning Utami menjelaskan, program Germas telah dicanangkan secara nasional melalui instruksi presiden. Dalam germas itu ada tiga kegiatan utama, yakni cek kesehatan rutin, makan buah dan sayur serta aktivitas fisik.

Dari tiga kegiatan utama itu, di setiap daerah kemudian dikembangkan menjadi lima kegiatan. Khusus di Brebes, kegiatan ditambah dua yakni tidak merokok dan tidak buang air besar sembarangan. ”Pada pertemuan ini, ada tiga aktivitas yang kami laksanakan yakni cek kesetahan, makan buah dan sayur, serta melakukan senam disela-sela kegiatan,” terangnya.

Menurut dia, dalam kampanye Germas itu, pihaknya melibatkan masyarakat potensi peduli kesehatan dan kader-kader kesehatan di Kecamatan Jatibarang dan Songgom. Langkah itu diharapkan agar mereka nantinya ikut mensosialisasikan Germas ke masyarakat.

”Ini tujuan diadakannya kampanye Germas agar kegiatan bisa tersosialisasi baik ke masyarakat luas,” ujarnya Diakui, hingga saat ini kesadaran masyarakat Brebes untuk mengkonsumsi buah dan sayur masih rendah.

Masyarakat Brebes masih mengutamakan makanan pokok dan belum terbisa makan tanpa nasi. Nasi yang didahulukan baru buah dan sayur. ”Untuk mendukung Germas ini, Bupati Brebes juga telah mengeluarkan surat edaran yang menyebutkan setiap hari masyarakat harus makan buah dan sayur,” imbuhnya.

Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, Effi Muhammad Havid mengatakan, fokus dari kegiatan Germas itu mulai dari tahapan advokasi, sosialisasi dan implementasi kepada masyarakat. Melalui Germas, diharapkan juga persoalan stunting di 10 daerah Jateng termasuk Kabupaten Brebes bisa teratasi.

Sebab ada pengembangan kegiatan dari Germas di setiap daerah. Salah satunya untuk penanganan stunting. ”Kami berharap, melalui kegiatan kampanye yang melibatkan kelompok masyarakat peduli kesehatan ini, implementasi Germas dapat disosilisasikan ke masyarakat,” tukasnya. (H38-58)