Satgas Perlindungan Perempuan Dikukuhkan

BREBES- Satuan tugas perlindungan perempuan dan anak (Satgas PPA) Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Brebes dikukuhkan oleh Sekretaris Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Sekmen P3A), Pribudiarta Nur Sitepu di pendapa kabupaten, kemarin.

Satgas tersebut diketuai Kuntoro, dan dilantik sebagai wakil, Muhamad Zaenal Mutaqin. Pengukuhan Satgas PPA disaksikan Bupati Brebes Idza Priyanti, Kepala Biro Hukum dan Humas Kementrian PPARI Titi Eko Rahayu, Kabag Pengaduan Masyarakat Kementrian PPASudarmaji, Kepala DP3AKB Propinsi Jateng Wagino dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD).

Sekmen P3A, Pribudiarta Nur Sitepu mengapresiasi kepada Bupati beserta jajarannya yang sangat berkomitmen dalam melakukan upaya perlindungan perempuan dan anak. Dia berharap dengan dibentuknya satgas ini dapat membantu pemerintah dalam hal penanganan kasus-kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak. Pasalnya, kasus kekerasan tersebut dapat terjadi di mana saja, kapan saja dan dilakukan oleh siapa saja.

Menurut dia, Satgas PPA merupakan ujung tombak kemanusiaan untuk perempuan dan anak korban kekerasan. Sementara itu, Bupati Brebes Idza Priyanti mengatakan, Satgas PPA Kabupaten Brebes yang dikukuhkan berjumlah 100 orang.

Mereka berasal dari berbagai latar belakang profesi di antaranya jurnalis, mahasiswa yang tergabung KPMDB, karang taruna, Fatayat NU, advokat, pekerja sosial, fasilitator anak, dan anak jalanan.

Idza juga menyampaikan bahwa tugas satgas PPAnantinya melakukan fungsi penjangkauan terhadap perempuan dan anak yang mengalami permasalahan, identifikasi kondisi dan layanan yang dibutuhkan, melindungi perempuan dan anak, menempatkan dan mengevakuasi perempuan dan anak yang mengalami permasalahan ke lembaga perlindungan. Selain itu satgas juga dapat melakukan rekomendasi untuk penanganan lebih lanjut. (wh-58)