Penggunaan TI di Terminal Bisa Jadi Percontohan

PURWOKERTO - Penggunaan teknologi informasi (TI) untuk menunjang pelayanan publik di Terminal Tipe B, diharapkan dapat menjadi percontohan model pelayanan publik di terminal lain.

Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Dinkominfo Jateng Setyo Irawan mengatakan, rencana Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah melalui Balai Perhubungan Wilayah V untuk mengimplementasikan teknologi informasi dalam menunjang pelayanan publik di terminal tipe B menjadi terobosan yang dapat ditiru di terminal lain.

"Untuk di terminal tipe B, penggunaan teknologi informasi sejauh ini belum ada yang menerapkan. Jadi, rencana tersebut merupakan rintisan, yang diharapkan bisa menjadi percontohan bagi terminal lain," jelasnya, Rabu (10/10).

Namun, kata dia, agar perencanaan dapat berjalan seperti yang diharapkan, ada tantangan yang harus dihadapi. Beberapa tantangan itu antara lain berupa perbaikan tata kelola terminal, infrastruktur, pola pikir masyarakat, dan penggunaan teknologi informasi.

"Masalah di terminal sangat kompleks, perlu kerja sama dengan pihak-pihak terkait. Dalam jangka pendek yang harus dilakukan yaitu adanya inventarisasi sarana dan prasarana di terminal, minta masukan masyarakat, dari para pakar, kemudian baru bisa dirumuskan perbaikannya. Formulasinya nanti akan seperti apa," urainya.

Dimulai November

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah berencana meningkatkan pelayanan publik di terminal tipe B Purbalingga dan Banjarnegara, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Penerapan tekonologi informasi itu akan dimulai pada November mendatang. Kepala Balai Perhubungan Wilayah VErry Derima Ryanto mengatakan, melihat kondisi terminal tipe B, pihaknya berharap ada perubahan di terminal.

Beberapa perubahan tersebut antara lain berupa penambahan fasilitas seperti ruang laktasi, ruang istirahat bagi penumpang yang tiba larut malam, serta akses untuk difabel dan lansia.

"Program jangka pendek, kita akan membuat website yang berisi tentang jam perjalanan, jadwal perjalanan, jaringan trayek, dan perusahaan otobus yang melayani," jelasnya di sela-sela acara Focus Group Discussion (FGD) Model Pelayanan Publik di Terminal Tipe B Purbalingga dan Banjarnegara, yang digelar di RM Pringgading Purwokerto, Rabu (10/10).

Berkaitan dengan rencana peningkatan pelayanan publik di terminal tipe B Purbalingga, dan Banjarnegara, selain persiapan infrastruktur, pihaknya juga akan menyiapkan sumber daya manusia (SDM).

"Dari sisi SDM akan digelar pelatihan pada November atau Desember mendatang, untuk menyiapkan petugas yang mengurus informasi publik. Adapun untuk peluncuran website mungkin sekitar minggu ketiga atau keempat November," ucapnya.( K17-37)


Baca Juga
Komentar