Sancho Berpeluang Debut bersama Tiga Singa

LONDON - Tim nasional (timnas) Inggris sedang getol meroketkan pemain mudanya. Satu nama lagi yang dimunculkan manajer Gareth Southgate adalah Jadon Sancho. Sancho bahkan berpeluang membuat debut saat The Three Lions dijamu Kroasia dalam lanjutan UEFA Nations League pada Sabtu (13/10) dini hari WIB.

Pemilik rambut ikal ini merupakan pesepak bola berusia 18 tahun yang juga lulusan akademi Watford yang kemudian dibeli Manchester City pada 2015. Di City, Sancho tak banyak kesempatan bermain di tim utama lantaran banyaknya pemain bintang. Sempat terjadi polemik ketika dia hendak meneken kontrak profesional pertamanya bersama The Citizens.

Saat itu Sancho meminta jaminan bermain di skuad inti agar kariernya bisa berkembang. Namun, manajer Pep Guardiola memilih untuk mencoretnya dari tim. Sancho lantas cabut dan menerima pinangan Borussia Dortmund pada Agustus 2017. Kariernya bareng Dortmund pun tak langsung mulus.

Sangat Senang

Pada musim pertamanya, Sancho tampil 12 kali di Bundesliga dengan torehan satu gol dan empat assist. Statistik itu meningkat musim ini ketika pelatih baru Lucien Favre lebih banyak memercayainya sebagai starter. Berposisi sebagai winger, Sancho bermain 10 kali dengan membuat satu gol dan 10 assist.

Teknik individu yang dilengkapi kecepatan menjadi keunggulannya untuk membantu Die Borussen memuncaki klasemen sementara Liga Jerman. ”Saya sangat senang, dan terus menerus senyum sepanjang hari,” ungkap Sancho saat dipanggil skuad Tiga Singa. ”Saya masih sangat muda, dan harus banyak belajar.

Saya berterima kasih kepada Southgate yang melihat perkembangan saya di Bundesliga,’’ tambahnya. Pemanggilan Sancho tak lepas dari regenerasi yang sedang dilakukan di timnas. Beberapa muka baru dipanggil Southgate seperti James Madisson, Mason Mount, dan Nathaniel Chalobah. ”Debut lawan Kroasia adalah impian saya. Saya tidak bisa meminta lebih dari itu,’’ tutur Sancho yang ikut mengantarkan Inggris juara Piala Dunia U-17. (fourfourtwo,A7-17)