POTENSI LEWANDOWSKI

CHORZOW - Setelah melempem di Piala Dunia Rusia 2018, Robert ‘’Lewy’’ Lewandowski bertekad mengembalikan pamornya sebagai mesin gol ketika Polandia menghadapi tamunya, Portugal, dalam laga UEFANations League Liga AGrup 3 di Stadion Slaski, Chorzow, Jumat (12/10) dini hari WIB.

Lewy memang punya potensi besar untuk menjebol gawang Seleccao. Dia punya tendangan kencang, dan dikenal sangat berbahaya di kotak penalti. Striker Bayern Munich ini menambah kelebihannya dalam mengeksekusi penalti dan tendangan bebas.

Melihat keunggulan itulah pelatih Jerzy Brzeczek bakal kembali mengandalkannya. Sang tactician mengusung skema 4-4-1-1 dengan Lewy sebagai target man yang dilapis Piotr Zielinski.

Kemenangan Pertama

Brzeczek, yang ingin merasakan kemenangan pertamanya selepas dipercaya menukangi tim nasional (timnas), siap mencadangkan Arkadiusz Milik dan Krzysztof Piatek. Dia yakin Lewy bisa memenuhi ambisi pribadinya. ”Faktor tuan rumah akan sedikit menguntungkan kami untuk memforsir kemenangan,” tutur Brzeczec.

Bagaimana dengan Portugal? Fernando Santos, head coach Seleccao, tak membawa Cristiano Ronaldo. Untuk kali kedua beruntun CR7 absen membela timnas. Santos juga kehilangan gelandang serang Goncalo Guedes karena cedera paha. Namun, dia mendapat suntikan segar terkait ketajaman striker Andre Silva. Silva, yang tak bersinar di AC Milan, menemukan kegarangannya bersama Sevilla.

Santos tidak ragu mengandalkannya untuk menggantikan peran Ronaldo. ”Kami optimistis bisa meraih hasil positif meski tanpa kehadiran Ronaldo. Skuad yang ada sekarang punya kualitas merata,” ujar Santos. (whoscored, goal.com,A7-17)