Pemprov Petakan Potensi Ekonomi Ponpes

SEMARANG - Pemprov Jateng memetakan potensi pondok pesantren (ponpes) di provinsi ini. Tujuannya, ponpes akan dijadikan salah satu sentra perekonomian untuk menggerakkan ekonomi masyarakat di sekitarnya.

Kepala Biro Infrastruktur dan Sumber Daya Alam Peni Rahayu menjelaskan, pemetaan potensi ini akan memudahkan langkah untuk mengarahkan dan mengembangkan usaha di ponpes. “Sebenarnya ini sudah kami rintis, namun belum selesai.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu akan membantu memetakan seluruh masyarakat pesantren di Jawa Tengah, kira-kira pengembangan usahanya akan mengarah ke mana,” tutur Peni. Ia menjelaskan, sebenarnya sejak 2014 Pemprov sudah mengembangkan pertanian terpadu berbasis ponpes.

Melalui program tersebut, sejumlah pondok pesantren menerima bantuan ternak serta bibit tanaman pertanian dan kehutanan. Program tersebut disertai kegiatan percontohan dan dialog rutin.

Dinas Ketahanan Pangan juga menawarkan kegiatan berbentuk toko oani. Artinya, ponpes yang telah mempunyai usaha kegiatan perekonomian dan memperoleh rujukan dari Dinas Ketahanan Pangan bisa ikut menyalurkan beras.

Beras ini merupakan beras subsidi dari pemerintah dan bisa dijual kepada pondok pesantren untuk kebutuhan mereka sendiri, maupun masyarakat sekitar.

Terutama masyarakat miskin karena harga yang lebih murah. Wakil Gubernur Taj Yasin mendorong pemetaan potensi dan program pemberdayaan ponpes. Dia menginginkan bantuan yang diberikan bermanfaat bagi ponpes maupun masyarakat sekitarnya.

Pria yang akrab disapa Gus Yasin ini menggagas agar bantuan yang diberikan bisa dalam bentuk dana bergulir. Dengan begitu, pondok pesantren yang dibantu akan memiliki motivasi untuk berkembang dan selanjutnya bantuan dialihkan pada ponpes lainnya.

“Nanti bisa kita ubah menjadi dana bergulir. Harapan kami nanti ke depan bukan bantuan langsung, tapi bantuan bergulir. Artinya kita akan punya motivasi untuk berkembang, dan mengembalikan uang tersebut untuk membantu pondok pesantren lainnya,” jelas Yasin. (H81-19)


Berita Terkait
Tirto.ID
Loading...
Komentar