Gedung Sekolah Vokasi Undip Dibangun Lima Lantai

Siapkan Lulusan Siap Kerja

SM/Fista Novianti  -  FOTO BERSAMA : Managing Director Sinar Mas Gandi Sulistiyanto (dua dari kiri), Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi M. Nasir (baju putih), GM ESR PT Astra International, Tbk Riza Deliansyah (kiri), dan Rektor Undip Semarang Yos Johan Utama (kanan) berfoto bersama seusai penandatangan nota kesepahaman, akhir pekan lalu. (48)
SM/Fista Novianti - FOTO BERSAMA : Managing Director Sinar Mas Gandi Sulistiyanto (dua dari kiri), Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi M. Nasir (baju putih), GM ESR PT Astra International, Tbk Riza Deliansyah (kiri), dan Rektor Undip Semarang Yos Johan Utama (kanan) berfoto bersama seusai penandatangan nota kesepahaman, akhir pekan lalu. (48)

SEMARANG - Untuk menghasilkan lulusan yang siap kerja dan terampil, Sinar Mas mewujudkan Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro.

Perusahaan itu membantu pembangunan gedung setelah penandatangan nota kesepahaman antara Managing Director Sinar Mas Gandi Sulistiyanto, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi M Nasir, GM ESR PT Astra International, Tbk Riza Deliansyah, dan Rektor Undip Semarang Yos Johan Utama, di Gedung Prof Soedharto SH Tembalang, Semarang, akhir pekan lalu.

Gandi menuturkan, sekolah vokasi Undip diharapkan dapat menghasilkan lulusan siap kerja sesuai kebutuhan industri. Setelah dibangun Sinar Mas, gedung tersebut dihibahkan kepada Universitas Diponegoro.

Akan ada dua gedung yakni Gedung Sinar Mas dan Gedung Astra International. ”Setelah proses izin keluar, pembangunan gedung yang direncanakan memiliki lima lantai itu segera dilaksanakan,” imbuhnya.

Ia menambahkan, gedung tersebut sudah ditentukan fungsinya sebagai sekolah vokasi Undip. ”Penggunaan gedung sudah ditentukan sebagai sekolah vokasi Undip. Untuk lokasi, sekolah vokasi yang sudah ada dirobohkan dan dibangun gedung yang baru,” kata Gandi.

Target penyelesaian pembangunan, tambah dia, diperkirakan membutuhkan waktu satu tahun dan diharapkan akan dilengkapi dengan laboratorium dan peralatan yang canggih, setidaknya sama dengan yang dipakai di tempat kerja.

GM ESR PTAstra International, Tbk Riza Deliansyah menambahkan, pihaknya ikut berperan aktif dan fokus pada pengembangan vokasi di Indonesia dan bidang pendidikan, di mana ini merupakan salah satu pilar kontribusi sosial Astra secara berkelanjutan.

Rektor Undip, Prof Yos Johan Utama berharap gedung Sekolah Vokasi tersebut bukan dinilai dari kemegahannya, tetapi fungsinya sebagai tempat belajar.

Laboratorium sangat ditekankan dalam pembangunan gedung ini dikarenakan Sekolah Vokasi lebih memerlukan banyak praktik. Karena itu, pihak Undip akan segera membentuk tim untuk mengisi peralatan yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan di gedung Sekolah Vokasi. (K14-48)