Proses Panjang Wujudkan Green Building

DOSEN MENGAJAR: Seorang dosen mengajar dalam kelas di Fakultas Psikologi Undip, belum lama ini. (23)
DOSEN MENGAJAR: Seorang dosen mengajar dalam kelas di Fakultas Psikologi Undip, belum lama ini. (23)

FAKULTAS Psikologi Universitas Diponegoro tidak lama lagi akan memiliki gedung mewah. Namun untuk memiliki gedung berkonsep green building tersebut tidak semudah membalikkan tangan. Fakultas tersebut harus melakukan kerja keras dan melalui proses panjang.

Sejak didirikan pada 1980, Fakultas Psikologi menginduk di Fakultas Kedokteran. Namun kini fakultas yang belum lama ini meraih akreditasi A itu telah melepaskan diri dan membangun gedung mewah.

Gedung untuk program studi S1 dan S2 tersebut setahun lagi resmi dibuka. Awalnya pada 1991, Rektor Undip (kala itu ) Prof dr Moeljono S Trastotenojo memperoleh izin dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof Dr Fuad Hasan untuk menyiapkan fakultas.

Empat tahun kemudian, tepatnya 18 Agustus 1995 dengan nomor 362/Dikti/Kep/1995 dikeluarkan surat keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi ke Rektor Undip Prof Dr Muladi SH sebagai landasan izin pendirian program studi S1 Psikologi yang menginduk ke Fakultas Kedokteran Undip. Sekitar 10 tahun, atau sejak 1996, Fakultas Psikologi menginduk ke Fakultas Kedokteran.

Dan pada 24 April 2007 diterbitkan SK Rektor Undip Nomor 28/SK/J07/2007 tentang Pembentukan Fakultas Psikologi. Dekan Fakultas Psikologi Undip Dr Hastaning Sakti MKes Psikolog mengatakan, fakultasnya ini memiliki visi menjadi pusat pengembangan psikologi berbasis keluarga Indonesia pada 2020 mendatang.

”Saat ini, pengembangan Fakultas Psikologi memasuki fase empat, menjadi universitas riset tahun 2015- 2020,” kata Hasta, panggilan akrab dekan yang menggemari aksesoris kupu-kupu tersebut.

Raih Akreditasi A

Menurut dia, program kerja telah disusun mulai 2017- 2020. Yakni, dimulai dengan pembangunan smart and green building psychology yang ramah lingkungan pada 2017. Setahun kemudian, fakultas tersebut memperoleh akreditasi A.

Adapun pada 2019, akan dibuka program studi S2 . Kemudian, pada 2020 menjadi pusat pendidikan psikologi berbasis riset yang berfokus pada peningkatan kualitas hidup keluarga.

”Kedepan, pada 2022 kami pun merencanakan pembukaan kelas S1 internasional dan 2023 persiapan pembukaan program studi S3,” jelasnya. Bukan hanya memberi pembelajaran, dosen juga berkarya dengan menulis sejumlah buku seperti halnya ”Psikologi, Anak Berkebutuhan Khusus” dan ”Bahagia di Tempat Kerja”.

Fakultas juga memberikan kontribusi di level nasional, seperti terlibat progam ”bakti pada guru” untuk 1.000 guru Indonesia. Program ini meraih penghargaan MURI, dan fakultas memberikan pelatihan penguatan pendidikan karakter misalnya di Jakarta, Kalimantan Timur, Papua, dan Sulawesi Selatan.

Wakil Dekan I Bidang Akademik Fakultas Psikologi Undip Annastasia Ediati SPSi MSc PhD Psikolog menegaskan, mahasiswa yang masuk ke fakultasnya ini bukan hanya bisa lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), tapi juga bisa melalui Ujian Mandiri (UM) Bibit Unggul.

”Bagi mereka yang pernah meraih juara pertama tingkat nasional atau internasional, baik itu olahraga, debat, atau karya tulis ilmiah, bisa masuk melalui program UM Bibit Unggul,” ungkapnya.

Mengenai gedung megah psikologi, ini dibangun secara bertahap. Satu tahap sudah terselesaikan, yakni gedung bertingkat yang segera diserahterimakan dari kontraktor ke fakultas.

Konsep bangunannya ramah lingkungan dan hemat energi karena pencahayaan bagus. Di sisi lain, fakultasnya juga memiliki Japsi atau jasa psikologi yang menangani masalah individual, keluarga, pendidikan, sosial, dan organisasi. (23)

Teks dan Foto : Royce Wijaya SP
Penyunting : Dwi Ani Retnowulan


Berita Terkait
Baca Juga
Tirto.ID
Loading...
Komentar