Japsi Terlibat Susun Soal CPNS 2015 dan 2018

JASA Psikologi atau yang dikenal Japsi banyak memberikan kontribusi di tingkat nasional. Termasuk juga penyusunan soal Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2015 dan 2018. ”Kami turut terlibat dalam penyusunan soal ini,” kata Dekan Fakultas Psikologi Dr Hastaning Sakti MKes Psikolog.

Japsi merupakan divisi di bawah naungan Fakultas Psikologi Undip yang berdiri sejak 1996. Tujuannya ialah memberikan layanan kepada masyarakat yang membutuhkan layanan jasa psikologi. Adapun, sekretariatnya berada di kampus Fakultas Psikologi di Jalan Prof Sudharto, Tembalang, Semarang.

Bentuk layanannya ialah seleksi, promosi, dan evaluasi karyawan, tes minat dan bakat, assessment center, pelatihan, dan narasumber. ”Visi Japsi ini menyediakan sumber daya manusia yang profesional dengan etos kerja tinggi dan menjalin cakupan kerja sama yang luas, baik individu, instansi, maupun perusahaan besar di Indonesia dengan menjamin kerahasiaan data,” ungkapnya.

Lakukan Psikotes

Pada 24 Juli 2018, Japsi melaksanakan psikotes pada 1.420 calon taruna Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang. Pesertanya merupakan siswa lulusan SMA sederajat yang bercita-cita menjadi kader perwira pelayaran atau tenaga ahli angkatan laut.

Selain itu, pada 26 Juli 2018, Fakultas Psikologi Undip melaksanakan tes untuk seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) tingkat kabupaten/ kota di Jateng periode 2018- 2023. Bersama sembilan fakultas / jurusan psikologi dari universitas lain, Undip melaksanakan tes serentak untuk enam zona di Jateng.

Tes meliputi psikotes, leaderless group discussion, dan wawancara 81 orang. Peserta yang melakukan tes di Fakultas Psikologi Undip adalah calon anggota KPU Kabupaten Batang, Kota Semarang, dan Kota Salatiga. (23)


Berita Terkait
Baca Juga
Tirto.ID
Loading...
Komentar