Jembatan Darurat Tidak Disediakan

Pembangunan Jembatan Abang

SOLO - Perobohan dan pembangunan ulang Jembatan Bibis memutus akses pengendara untuk menyeberangi Kali Anyar.

Sebab Pemkot Surakarta tidak menyediakan jembatan darurat selama berlangsungnya proyek. ”Kami tidak bisa membangun jembatan darurat di lokasi itu, karena kondisinya tidak memungkinkan. Seluruh badan jembatan digunakan untuk pengerjaan konstruksi, adapun akses jalan menuju jembatan di samping kiri dan kanan langsung berbatasan dengan rumah warga,” tegas Kasi Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) Joko Supriyanto, Rabu (12/9).

Penyediaan jembatan darurat di konstruksi jembatan lama pun tidak realistis. ”Kami tidak berani merobohkan dan membangun ulang jembatan itu separuh-separuh. Pilar di bagian tengah jembatan sudah mengalami penurunan. Jadi mau tidak mau dirobohkan semuanya sebelum dibangun konstruksi baru.”

Masih Terjangkau

Joko menilai, letak Jembatan Kandangsapi dan Jembatan Ngemplak di sebelah timur dan barat Jembatan Bibis masih terjangkau oleh pengguna jalan. Kedua jembatan itu dijadikan titik penyeberangan alternatif, selama berlangsungnya pembangunan Jembatan Bibis. ”Jarak dengan jembatan terdekat (Jembatan Kandangsapi dan Ngempak) tidak begitu jauh. Jadi masih bisa lewat sana.” Sebelumnya, warga berharap pemkot menyediakan akses penyeberangan sebelum Jembatan Bibis dibangun ulang. Mereka keberatan untuk memutar melewati Jembatan Kandangsapi maupun Jembatan Ngemplak, lantaran jaraknya dianggap terlalu jauh dan padat kendaraan.

Perobohan Jembatan Bibis sudah dimulai sejak awal pekan ini. Pemkot bakal membangun ulang jembatan tersebut secara bertahap, hingga 2019. Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Ari Wibowo mengakui adanya peningkatan arus lalu lintas di sekitar Jembatan Ngemplak selama beberapa hari terakhir. Hal itu terjadi lantaran akses pengendara menuju Jembatan Bibis sudah ditutup, seiring dirobohkannya jembatan tersebut. ”Kami sudah membantu mengintervensi lalu lintas di sana, dengan menerjunkan petugas pada jam-jam sibuk,” kata dia. (H73-21)


Berita Terkait
Komentar