Pemkab Tunggu Penetapan Kuota dari Pusat

Perekrutan ASN

SUKOHARJO- Hingga saat ini, Pemkab Sukoharjo belum menerima penetapan kuota rekrutmen aparatur sipil negara (ASN) dari pemerintah pusat.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Sukoharjo Joko Triyono, mengatakan, kuota tersebut sangat penting bagi daerah, khususnya Pemkab Sukoharjo dalam melaksanakan rekrutmen tenaga baru abdi negara sebagai tambahan pegawai. ”Pemkab Sukoharjo sama sekali tidak punya kewenangan untuk menyelenggarakan sendiri dan harus menunggu dari pusat. Kami masih menunggu kuota dari pusat. Kalau masyarakat mau mendaftar jadi ASN, silahkan ikuti sistem online dari pusat karena mereka yang membuka,” ujar Joko Triyono.

Dia tidak membantah jika pemerintah pusat segera membuka rekrutmen ASN melalui online di sejumlah kementerian. Namun sekali lagi daerah sampai sekarang belum ada kejelasan rekrutmen ASN baru. Segala yang berkaitan dengan rekrutmen ASN masih menunggu kejelasan dari pusat. ”Tidak hanya kuota tapi juga teknis lainnya seperti petunjuk pelaksana dan petunjuk teknis,” tuturnya.

373 Formasi

Lantaran belum ada kejelasan, kata dia, daerah tidak berani membuka atau mengumumkannya pada masyarakat. Sebab jika dipaksakan, akan melanggar aturan dan ketentuan dari pemerintah pusat. Untuk dketahui, Pemkab Sukoharjo 2018 ini sudah mengajukan tambahan rekrutmen ASN baru ke pemerintah pusat sebanyak 373 formasi.

Rinciannya, tenaga fungsional pendidikan 306 formasi dan tenaga fungsional kesehatan 67 formasi. Angka dan formasi tersebut hanya pengajuan usulan saja dan keputusan pemberian tambahan ASN menjadi kewenangan penuh pemerintah pusat. Namun ditegaskan, belum tahu apakah usulan itu disetujui oleh pemerintah pusat dan rekrutmen dilaksanakan di sana atau digelar di daerah. (H46-62)


Berita Terkait
Komentar