Situs KPU Wonogiri Diretas

Halaman Muka Jadi Tampilan Spongebob

WONOGIRI - Situs KPU Kabupaten Wonogiri telah belasan kali diretas selama tahun ini. Situs tersebut diretas dengan mengubah tampilan halaman muka, menjadi tampilan tokoh kartun Spongebob.

Ketika situs http://kpud-wonogirikab. go.id dibuka, pengunjung justru menjumpai gambar tokoh kartun Spongebob. Di halaman tersebut juga terpampang tulisan "TehPucuk404 ft Teh Sosro404" dan "Teh Squad Cyber". Alhasil, pengunjung tidak bisa membuka halaman-halaman lain di situs resmi KPU Kabupaten Wonogiri.

Menanggapi hal itu, Ketua KPU Kabupaten Wonogiri Matnawir mengungkapkan, aksi peretasan situs KPU sudah sering terjadi. Bahkan, situs resmi KPU Wonogiri sudah belasan kali diretas sejak awal 2018 ini. "Kejadian seperti itu sudah kami alami lebih dari sepuluh kali selama tahun ini," katanya, Rabu (12/9).

Akibatnya, masyarakat tidak bisa mengakses informasi-informasi yang disuguhkan melalui situs tersebut. Antara lain informasi mengenai daftar pemilih tetap (DPT), mekanisme pemilihan umum (Pemilu), hingga hasil-hasil pemilu dan pilkada sejak tahun 2004.

Jumlah DPT Meningkat

Meski demikian, dia menekankan bahwa aksi peretasan itu tidak sampai merusak atau menghilangkan data-data yang ada di dalamnya. "Hanya halaman muka saja yang diubah. Data-datanya masih ada. Kami akan segera memperbaiki, kemungkinan besok sudah bisa normal lagi," terangnya.

Saat menggelar sosialisasi DPT Pemilu baru-baru ini, Matnawir mengungkapkan, jumlah DPT Kabupaten Wonogiri untuk Pemilu 2019 mendatang mengalami peningkatan dibandingkan dengan DPTPilgub 2018. DPTPilgub 2018 lalu sebanyak 854.334 orang. Adapun DPT Pemilu 2019 mendatang mencapai 861.209 orang.

Menurutnya, kenaikan jumlah DPT itu terjadi karena bertambahnya jumlah pemilih pemula, yakni warga yang telah memasuki usia 17 tahun. "Banyak pemilih pemula di Wonogiri, sehingga jumlah DPT mengalami peningkatan," terangnya. (J11-21)


Berita Terkait
Komentar