Prioritaskan Edukasi ke Masyarakat

Ika Dyah Kumalasari PhD
Ika Dyah Kumalasari PhD

INDONESIA sebagai negara tropis memiliki bahan pangan lokal yang melimpah. Pengolahan bahan pangan lokal yang tepat akan memaksimalkan fungsi dan manfaat makanan. Sayangnya, pemanfaatan bahan pangan lokal belum maksimal karena berbagai hal, salah satunya kurangnya edukasi ke masyarakat.

”Untuk mendapatkan makanan yang fungsional dari pangan lokal dapat dilakukan dengan menganalisis bahan pangan dan menentukan teknik pengolahan.

Mengetahui karakteristik sangat penting guna menentukan kandungan dan manfaat dari bahan pangan tersebut,” papar Ketua Program Studi Teknologi Pangan, Ika Dyah Kumalasari PhD. Pengolahan bahan pangan yang tepat menurutnya dapat menjaga kandungan nutrisi dan senyawa aktif supaya tidak rusak.

Hal tersebut merupakan dasar mendapatkan makanan yang fungsional, khususnya untuk kesehatan. Tepung dari umbiumbian lokal tidak mengandung protein gluten. Tepung tersebut sangat baik dikonsumsi penderita alergi dan panyandang autis yang tidak bisa mengkonsumsi gluten. Berbeda dengan tepung gandum yang mengandung protein gluten.

Belum Diketahui Ika yang pernah kuliah di Ehime University Jepang ini mengemukakan gluten dapat memengaruhi sistem kerja lambung, usus dan sering memunculkan reaksi alergi pada penderita autis. Kandungan gluten dalam makanan tertentu seperti roti gandum atau sereal yang diolah dari gandum dapat mengakibatkan hilangnya nutrisi penting bagi tubuh.

”Di Indonesia sebenarnya banyak bahan pangan lokal yang memiliki nilai fungsional tinggi, tapi masyarakat belum mengetahuinya. Sebut saja ubi garut, selain sumber karbohidrat juga kaya serat dan kandungan probiotik.

Probiotik adalah mikroorganisme atau bakteri baik yang ada di dalam usus manusia,” jelasnya. Fungsi probiotik untuk pencernaan dan meningkatkan sistem imun. Probiotik bermanfaat pula membantu mengatasi sindrom iritasi usus besar, mencegah gejala alergi tertentu, mengurangi gejala intoleransi laktosa dan banyak lagi. (23)

Foto dan teks : Agung PW
Penyunting : Dwi Ani Retnowulan


Berita Terkait
Baca Juga
Tirto.ID
Loading...
Komentar