Jateng Park Dilelang Ulang

SEMARANG - Sudah beberapa kali dinyatakan akan dilakukan groundbreaking, namun sampai saat ini pembangunan Jateng Park di Penggaron Kabupaten Semarang belum ada titik terang.

Bahkan, akan dilakukan lelang ulang Jateng Park. DPRD meminta Pemprov Jateng jujur pada masyarakat apakah rencana tersebut bisa direalisasikan atau tidak. Anggota Komisi B DPRD Jateng Ahsin Makruf mengatakan, jika melihat target waktu yang direncanakan, maka sudah meleset jauh. Semula Pemprov menyatakan groundbreaking pada September 2017 kemudian merevisi jadi 2018. Namun hingga akhir periode Jabatan Gubernur Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Heru Sudjatmoko, belum ada realisasi fisik. “Dulu informasinya ada kendala izin, kemudian soal investor. Kalau memang bisa sampaikan tahapannya dan kapan? Kalau tidak bisa, sampaikan saja,” kata Ahsin, Kamis (30/8).

Jika tidak bisa, Pemprov bisa mengalihkan fokus pada destinasi wisata yang merupakan aset Pemprov sendiri, seperti Tlogo di Tuntang, Kabupaten Semarang. Lebih lanjut, Ahsin meminta pengelolaan pariwisata masuk menjadi program prioritas RPJMD lima tahun mendatang. Menurutnya, jika pariwisata jadi prioritas, akan diikuti dengan perbaikan infrastruktur dan sektor lain.

Bahkan sektor pertanian akan bisa diarahkan ke pariwisata. Hal itu dinilai lebih menguntungkan jika dilihat dari sisi pendapatan asli daerah. Lantaran saat ini masih sangat mengandalkan sektor pajak.

Diagunkan

Kepala Biro Infrastruktur dan SDA Pemprov Jateng Peni Rahayu menjelaskan lelang telah dilakukan sekali namun gagal karena waktu mepet. Saat ini dipersiapkan lelang ulang dan ditarget maksimal 10 September 2018 rampung. Peni menambahkan, dalam proses komunikasi dengan calon investor, mereka menginginkan ada kawasan hutan yang bisa diagunkan ke perbankan. Hal itu sudah dikomunikasikan oleh Pemprov dengan Dirjen Planologi Kehutanan Kementerian LHK.

Permintaan calon investor untuk membangun hotel dengan ketinggian delapan lantai dari batasan maksimal semula dua lantai juga sudah dikomunikasikan. “Proses pembangunan Jateng Park jalan terus. Memang sempat gagal dan akan dilakukan lelang ulang dengan pengumuman lelang maksimal 10 September,” ujar Peni. (H81-41)


Berita Terkait
Tirto.ID
Loading...
Komentar