Lerep Jadi Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

UNGARAN- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berharap Desa Lerep, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang bisa menginspirasi desa lainnya setelah ditetapkan sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Jika semua warga desa dijamin oleh BPJS Ketenagakerjaan (TK), masa depan desa bisa dihitung serta dipersiapkan. ”Mudah-mudahan desa lain di Jawa Tengah bisa meniru, harapan saya semua warga desa sadar akan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan,” katanya, ketika menghadiri Peluncuran Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Dusun/Desa Lerep, Rabu (8/8) malam.

Ganjar mengimbau agar petugas dapat memberikan penjelasan program secara rinci. Apa arti pentingnya, hingga manfaat yang didapat ketika menjadi peserta BPJS-TK. ”Jaminan baru terasa ketika kita kena risiko. Saat tidak punya kartu BPJS ke rumah sakit tagihane akeh, obate larang, baru nggereng. Harapan saya, warga bisa tahu dan mau,” tandasnya.

Kanwil BPJS Ketenagakerjaan Jateng-DIY, tahun ini menargetkan ada 36 Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di area kerjanya. Rinciannya, 33 desa di Jateng dan tiga desa di DIY. ”Pada 2018, se-Indonesia ditargetkan ada 200 desa sadar. Dari 36 desa, peluncuran baru di 11 desa. Sisanya akan menyusul,” ungkap Asisten Deputi Wilayah Bidang Umum dan SDM Kanwil BPJS Ketenagakerjaan Jateng-DIY Dian Agung Senoaji.

Kades Lerep Sumaryadi menambahkan, bersamaan dengan Sedekah Dusun Lerep kemarin, diserahkan kartu kepersertaan BPJS-TK secara simbolis kepada sejumlah elemen masyarakat, seperti petani dan ojek Desa Lerep, ketua RT se-Dusun Lerep, Pokdarwis Rukun Santoso Lerep, BUMDes Gerbang Lentera, guru TK Lestari Lerep, dan guru PAUD Ngudi Rahayu. ”Yang peserta nonformal, sudah tergugah mendaftarkan mandiri. Sejak kita mengikuti program ini pada Juni 2018, sudah ada 362 orang pekerja yang bermukim di Dusun Lerep yang mendaftar sebagai peserta BPJS-TK,” tuturnya. Pemerintah desa menargetkan, seluruh warga menjadi peserta pada November 2018 mendatang. (H86-41)


Berita Terkait
Baca Juga
Komentar