MAN 1 Garap Program Leader Class

KEBUMEN - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kebumen sangat serius menggarap Program Unggulan Leader Class. Setelah berhasil menjaring 22 siswa dalam program beasiswa leader class melalui seleksi cukup ketat, pihak madrasah menindaklanjuti dengan menyiapkan guru-guru untuk mensukseskan program unggulan tersebut. Salah satunya dengan menggelar Workshop Leader Class untuk Madrasah Unggul. Selama tiga hari, Selasa-Kamis (10-12/7), para guru mengikuti workshop yang bertujuan untuk membangun mindset guru dan madrasah luar biasa di Abad 21 untuk perubahan pelayanan dan peningkatan mutu pendidikan. Pada hari pertama, workshop menghadirkan Pengawas SMA/MA Dimas Pendidikan Cilacap Rahman Widodo yang memberikan materi Rekonstruksi Pendidikan Abad 21 dan Konsep Kelas Leader.

Dalam kegiatan yang dibuka oleh Kepala MAN 1 Kebumen Mahmudin, dilaksanakan perumusan hingga finalisasi kurikulum leader class di MAN 1 Kebumen. Hari kedua bedah buku Be A Good Teacher , karya Mahfud AN. Dalam kesempatan itu, Mahfud AN dari Balai Diklat Keagamaan Semarang mengurai ‘’The Power of Spirituality dan Membangun Mindset Guru Luar Biasa Abad 21’’. Kemudian hari ketiga pada guru mengikuti Workshop Guru Inspiratif yang menghadirkan Ammy Fidyanti dari Student Care Jakarta. “Seluruh guru kami ajak untuk menyiapkan program leader ini dengan kurikulum yang berbeda dengan program reguler,” ujar Kepala MAN 1 Kebumen Mahmudin kepada Suara Merdeka, Kamis (12/7).

Pendidikan Unggul

Menurut Mahmudin, salah satu yang membedakan program leader class ini adalah pelayanan pendidikan. Seluruh siswa leader diasramakan dalam bentuk boarding school. Mereka diberikan fasilitas yang lengkap, materi pembelajaran yang struktur kurikulumnya berbeda dengan kelas reguler. “Yakni pelajaran di kelas sampai pukul 16.00. Kemudian malam hari, diberikan pendidikan karakter dan pendampingan pembelajaran mata pelajaran Ujian Nasional,” imbuhnya didampingi Waka Humas MAN 1 Kebumen Hasim Asngari.

Mahmudin menargetkan, melalui program leader class ini, mampu menghasilkan peserta didik yang unggul, sukses di bidang akademik seperti nilai UN, kompetisi Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan Olimpiades Sains Madrasah.

Selain bidang akademik, juga diberikan pendidikan karakter, penguatan bahasa yang diberikan melalui program boarding school. Program leader class menjadi jawaban problem masyarakat selama ini yang menganggap anak hanya pandai tetapi lemah di dalam akhlak. “Ini sudah kami siapkan, termasuk para guru kami libatkan untuk mendukung program ini,” ujarnya. (J19-33)


Berita Terkait
Baca Juga
Loading...
Komentar