• KANAL BERITA

Menikmati Pesona Bukit Watu Sodong

BANJARNEGARA - Bukit Watu Sodong yang berada Desa Glempang, Kecamatan Mandiraja, Banjarnegara merupakan destinasi wisata baru yang tak sekadar berkonsep keindahan panorama alam semata, namun juga menghadirkan pawisata berkonsep agro.

Barisan pohon durian sepanjang jalan sebelum masuk lokasi sangatlah menggoda, sebelum memulai perjalanan mendaki menuju bukit dengan keindahan alam desa yang khas itu.

Bukit Watu Sodong menyuguhkan panorama alam yang menakjubkan. Bagi yang gemar ber-swa foto atau selfie, mengunjungi tempat ini adalah pilihan tepat. Karena banyak spot cantik dengan latar belakang pemandangan alam yang indah. Ada rumah pohon, jembatan kayu, rumah jamur, dan bisa juga berfoto di bebatuan besar nan eksotik.

Kepala Desa Glempang, Nowo Wikarto menjelaskan ikhwal nama Watu Sodong, yang konon ceritanya berasal dari kata watu atau batu dan sodong yang berarti rumah babi hutan. Jadi mengandung arti batu yang dahulu digunakan sebagai rumah babi hutan. ‘’Awal mulanya, Watu Sodong hanyalah bukit atau hutan dengan bebatuan besar dan pohonpohon pinus yang tumbuh rindang.

Saat itu, akses menuju lokasi sangat sulit. Jangankan menggunakan kendaraan, jalan kaki saja susah dan harus melewati pohon-pohon yang sangat rimbun,’’kenangnya. Lahan seluas itu sejak dulu hanya dimanfaatkan warga sekitar untuk membantu perekonomian mereka.

Selain ditanami pinus, hutan ini juga ditanami aneka palawija seperti singkong, kacang tanah, jagung dan ubi. Setelah beberapa tahun, para pemuda Glempang berpikir untuk memperbaiki akses jalan menuju hutan supaya saat pengambilan hasil kebun, warga dapat dengan mudah membawa alat transportasi seperti motor untuk naik bukit tersebut.

Setelah akses jalan terealisasi, para pemuda desa berpikir lagi dan mempunyai sebuah rencana besar. Yakni mengubah watu sodong menjadi tempat yang dapat dinikmati banyak orang karena pemandangannya yang indah. Seperti melihat sunrise di pagi hari, pepohonan yang rimbun serta semilir angin yang menenangkan hati di sore hari. Gayung bersambut.

Ide kreatif pemuda mendapat respon positif dari Perum Perhutani untuk mengubah hutan tersebut menjadi kawasan ekowisata dengan nama Bukit Watu Sodong. Akhir 2017 menjadi kado manis bagi masyarakat Desa Glempang dengan diresmikannya objek wisata kebanggaan mereka yang baru dirintis pada 31 Desember 2017.(H25-60)


Baca Juga
Komentar