• KANAL BERITA

PSIS Jajaki Rekrut Gelandang dan Bek Sayap Lokal

Foto: suaramerdeka.com / M Alfi Makhsun
Foto: suaramerdeka.com / M Alfi Makhsun

SEMARANG, suaramerdeka.com - PSIS Semarang menargetkan untuk merekrut gelandang dan bek sayap lokal untuk melengkapi kedalaman skuad usai libur lebaran, 21 Juli mendatang. Satu di antaranya dengan mulai melakukan penjajakan komunikasi kepada beberapa pemain Liga 1 di penghujung Ramadan ini.

General Manager PSIS, Wahyu Winarto mengatakan pihaknya ingin mempersiapkan perekrutan jauh-jauh hari sebelum bursa transfer tengah musim di buka 14 hari di awal Agustus mendatang. Sebab PSIS tidak ingin main-main menyeleksi pemain. Sehingga pemain yang didapat nanti sesuai dengan kebutuhan pelatih Vincenzo Alberto Annese.

"Untuk pemain lokal kami prioritaskan untuk pemain dengan posisi gelandang dan bek sayap kiri. Kami mencari pemain yang bisa meningkatkan kualitas tim dan berkontribusi pada permainan PSIS. Kriteria ini juga kami lakukan dalam perekrutan pemain asing slot Asia nantinya," kata pria yang akrab disapa Liluk tersebut.

Saat ini klub berjuluk Laskar Mahesa Jenar itu memiliki 27 pemain yang didaftarkan di Liga 1. Sebelumnya PSIS melakukan pencoretan dua pemain lokal dan satu gelandang asal Kirgistan yang merupakan slot pemain asing asal negara Asia. Mereka yakni Erik Dwi Ermawansyah, Ruud Gullit S Yunus, dan Akhlidin Israilov.

"Namun kami dihadapkan pada situasi tidak mudah dalam menjajaki komunikasi dengan pemain incaran ini. Sebab sebagian besar masih terikat kontrak dengan klubnya. Ini menjadi tantangan kami ke depan. Namun kami harap di Juli nanti pemain yang kami incar sudah bisa berlatih bersama tim agar bisa beradaptasi," lanjut Liluk.

Khusus soal pemain asing, pelatih kepala Vincenzo sudah memberikan kriteria kepada Liluk supaya pemain yang datangkan berpostur tinggi dan bertipikal kuat. Sejauh ini kontribusi pemain slot Asia di PSIS yakni Akhlidin Israilov kurang menggigit karena memiliki karakter tidak terlalu kuat di lapangan tengah.

"Selama ini pemain Asia yang kami punya berpostur kecil. Namun bukan berarti hal itu menjadi hal paten. Jika ada pemain dengan postur kecil tapi memiliki tipikal kuat dan cocok dengan pelatih dan karakter PSIS tentu menjadi pertimbangan kami," tandas Liluk.

Sementara itu Vincenzo belum memusingkan masalah pemain baru. Yang dia perhatikan saat ini adalah pemainnya yang tengah menjalani liburan dan harus kembali fit saat sesudah lebaran nanti. Pelatih asal Italia ini juga memutuskan untuk beristirahat di Kota Semarang dan tidak melakukan liburan ke kota lain. Seperti yang dilakukan pelatih kiper Andrew Peterson yang berlibur ke Bali.

"Saya belum fokus ke bursa transfer karena pemain baru belum banyak datang di tim kami. Yang terpenting saat ini saya menyusun program latihan untuk laga selanjutnya meski kondisi saat ini pemain sudah diliburkan,"  kata Vincenzo.


(M Alfi Makhsun/CN26/SM Network)