• KANAL BERITA

Penalti Hazard Bawa Chelsea Juarai Piala FA

Foto: Catherine Ivill/Getty Images
Foto: Catherine Ivill/Getty Images

LONDON, suaramerdeka.com - Chelsea sukses menjuarai Piala FA 2017/2018 usai menang 1-0 atas Manchester United pada final di Stadion Wembley, Sabtu (19/5) malam. Eden Hazard menjadi penentu kemenangan Chelsea melalui eksekusi penaltinya di babak pertama.

Dalam laga ini, Chelsea maupun MU masih meraba permainan sehingga tempo permainan agak melambat. Menit kesembilan, Hazard mendapat peluang melalui sepakan kaki kiri ke tiang dekat namun bola diblok David de Gea dengan kakinya.

Upaya Chelsea baru membuahkan hasil pada menit 22, di mana umpan lambung Cesc Fabregas diterima Hazard yang langsung merangsek ke kotak penalti, lalu dijatuhkan Phil Jones hingga membuahkan penalti. Maju sebagai eksekutor, Hazard mengeksekusi penalti dan sukses mengecoh De Gea, yang salah menebak arah bola. Chelsea pun unggul 1-0.

Setelah tertinggal, MU mendominasi permainan dan menebar ancaman via speakan Paul Pogba dari luar kotak penalti, yang masih melebar dari gawang. MU kembali mendapat peluang usai umpan silang Ashley Young diteruskan Jones dengan tandukan. Tapi bola masih menyamping dari gawang. Skor 1-0 untuk Chelsea menutup laga babak pertama.

Di babak kedua, MU mengambil inisiatif menyerang lebih dulu dan terus menekan Chelsea. Marcus Rashford sempat mendapat peluang usai menyambar bola liar meski bisa ditepis Courtois. Menit 63, MU sempat mencetak gol usai Jones meneruskan sepakan bebas Rashford dengan sundulan yang dihalau Courtois. Sanchez menyambar bola muntah dan masuk ke gawang. Tapi wasit menganulir gol itu karena Sanchez lebih dulu terjebak offside.

Menit 70, Chelsea menyia-nyiakan sebuah peluang bagus usai N'Golo Kante masuk ke kotak penalti dan mengoper kepada Marcos Alonso yang melepas sepakan jarak dekat namun, ditepis De Gea. Lewat serangan balik, Rashford masuk ke kotak penalti Chelsea lalu melepas sepakan yang bisa diblok Courtois.

MU terus mencoba melancarkan serangan di sisa waktu pertandingan. Valencia melepaskan umpan silang dari sisi kanan yang diteruskan Matic dengan sundulan. Tapi bola melambung di atas mistar gawang. Skor 1-0 untuk Chelsea menutup laga ini.

Ini jadi gelar Piala FA pertama Chelsea sejak 2012 dan yang kedelapan secara keseluruhan. Soal jumlah titel Piala FA, Chelsea hanya kalah dari Manchester United (12 gelar) dan Arsenal (13 gelar). Sementara itu, dengan kekalahan di final Piala FA, MU mengakhiri musim 2017/2018 tanpa trofi.

 


(Andika Primasiwi, GLCM /CN26)