• KANAL BERITA

Hantam Marseille, Atletico Madrid Juara Liga Europa 2017/18

Foto: Catherine Ivill/Getty Images
Foto: Catherine Ivill/Getty Images

LYON, suaramerdeka.com - Atletico Madrid sukses menjuarai Liga Europa 2017/18 usai menang telak 3-0 atas Marseille dalam laga final di Groupama Stadium, Lyon, Kamis (17/5) dini hari. Antoine Griezmann menjadi pahlawan Atletico usai mengemas dua gol di laga ini, sedang satu gol lain dicetak Gabi pada menit akhir laga.

Di menit-menit awal, Marseille mengancam lebih dulu usai Valere Germain mendapat umpan terobosan dari Dimitri Payet dan langsung berhadapan dengan Jan Oblak. Sayang penyelesaiannya masih melenceng. Dua menit berselang, sepakan voli Adil Rami juga masih meleset dari sasaran.

Di menit ke-19, Payet mengancam via sepakan jarak jauh yang bisa diantisipasi Oblak. Dua menit berselang, Atletico unggul lebih dulu setelah Gabi memaksimalkan kesalahan Andre Anguissa saat mengontrol bola operan dari kiper Steve Mandanda, lalu mengoper kepada Griezmann, yang dengan tenang menceploskan bola ke dalam gawang Steve Mandanda.

Dalam posisi tertinggal 0-1, Marseille justru kehilangan Payet yang mengalami cedera saat laga baru berjalan setengah jam. Hingga rampungnya babak pertama, kedudukan belum berubah. Atletico masih memimpin 1-0.

Babak kedua berjalan empat menit, Atletico memperbesar keunggulannya Griezmann menerima umpan dari Koke dalam situasi serangan cepat, lalu dengan tenang menaklukkan Mandanda dengan sepakan cungkil ringan. Atletico nyaris mencetak gol lagi di menit ke-53 melalui sundulan Diego Godin, usai meneruskan sebuah sepak pojok dan masih melenceng tipis dari gawang Marseille.

Marseille mencoba untuk menambah daya gedor dengan memasukkan Clinton Njie dan Konstantinos Mitroglou. Perubahan ini nyaris membuahkan hasil di menit ke-81 ketika Mitroglou menyambut umpan silang Morgan Sanson dengan sundulannya, namun bola mengenai tiang gawang.

Tiga menit kemudian, Jordan Amavi melepaskan percobaan melalui sepakan voli yang bisa diamankan oleh Oblak dengan relatif mudah. Alih-alih menipiskan ketertinggalannya, Marseille malah kebobolan lagi di menit ke-89, setelah umpan dari Koke dimaksimalkan Gabi yang lolos dari penjagaan untuk menjebol jala Mandanda.

Laga berakhir dengan kemenangan 3-0 untuk Atletico Madrid. Ini adalah gelar ketiga Atletico di arena Liga Europa. Klub Spanyol itu sebelumnya juga pernah berjaya pada musim 2009/2010 dan 2011/2012.


(Andika Primasiwi, GLCM /CN26)