• KANAL BERITA

Hantam AC Milan, Juventus Juarai Coppa Italia

Foto: Inside Foto
Foto: Inside Foto

ROMA, suaramerdeka.com - Juventus sukses menjuarai Coppa Italia 2017/2018 setelah tanpa ampun menggasak AC Milan 4-0 pada partai final di Olimpico, Kamis (10/5) dini hari. Medhi Benatia mencetak dua gol dalam laga ini, dan dua gol lain dicetak Douglas Costa serta bunuh diri Nikola Kalinic.

Kedua tim berimbang sepanjang babak pertama di mana Milan mengancam lebih dulu pada menit kesembilan. Bermain satu dua dengan Hakan Calhanoglu, Patrick Cutrone melepas sepakan dan bisa ditepis Gianluigi Buffon. Menit 15, Juventu membalas via sepakan Paulo Dybala masih melebar.

Menit 31, Milan kembali mengancam via sepakan keras Suso dari sisi kanan, yang mengarah ke pojok kanan gawang. Namun Buffon bisa merentangkan tubuhnya untuk menepis bola. Dua menit kemudian, Dybala mendapatkan kans setelah sontekannya mudah diamankan Gianluigi Donnarumma. Babak pertama berakhir tanpa gol.

Di babak kedua, Milan sempat mengancam kala umpan silang Bonaventura tak bisa dimaksimalkan rekan-rekannya pada menit 50. Dua menit berselang, Juventus merespons setelah Dybala lolos dari jebakan offside dan menerima umpan Mario Mandzukic dalam posisi bebas, namun Donnarumma bisa menepis sepakannya.

Menit 56, Juventus unggul setelah umpan lambung Miralem Pjanic dari sepak pojok bisa ditanduk Mehdi Benatia yang terlepas dari pengawalan tanpa bisa diantisipasi Donnarumma. Empat menit berselang, peluang kembali didapat Juve setelah akselerasi Dybala diakhiri dengan sepakan keras yang ditepis Donnarumma.

Menit 61, Juve kembali mencetak gol setelah pemain Milan gagal mengamankan bola sehingga dikuasai Cuadrado, lalu dioper ke Costa. Pemain Brasil itu lantas bergerak memotong ke tengah lalu melepaskan sepakan mendatar nan keras. Meski Donnarumma bisa mengantisipasi, namun bola terlepas dari tangannya dan masuk ke gawang.

Tiga menit berselang, sepak pojok kembali menjadi petaka buat Milan setelah Donnarumma gagal menangkap dengan sempurna bola sundulan Mandzukic yang meluncur tepat ke arahnya. Benatia lantas dengan cepat menyambar bola yang terlepas dan menjebol gawang Milan.

Menit 71, Matuidi nyaris mencetak gol bunuh diri setelah berupaya menghalau umpan silang malah mengarahkan bola ke gawang timnya sendiri, kendati si kulit bundar membentur tiang gawang. Menit 76 skema sepak pojok kembali membuahkan gol keempat bagi Juve, setelah umpan lambung Pjanic berusaha disundul Nikola Kalinic, tapi malah meluncur masuk ke gawangnya sendiri.

Di sisa waktu pertandingan, Juventus mengontrol pertandingan dengan baik. Tak ada gol lagi tercipta sampai peluit panjang dibunyikan dan Juventus pun tampil sebagai juara. Ini adalah trofi Coppa Italia yang keempat secara beruntun untuk tim Turin tersebut, sekaligus yang ke-13 secara keseluruhan.


(Andika Primasiwi, GLCM /CN26)